Share

Man of The Match Timnas Kroasia vs Brasil di Perempatfinal Piala Dunia 2022: Dominik Livakovic!

Maulana Yusuf, MNC Portal · Sabtu 10 Desember 2022 03:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 51 2724311 man-of-the-match-timnas-kroasia-vs-brasil-di-perempatfinal-piala-dunia-2022-dominik-livakovic-bEMTm4kB0H.JPG Dominik Livakovic kembali menjadi pahlawan Kroasia kontra Brasil (Foto: REUTERS)

MAN of The Match Timnas Kroasia vs Brasil di perempatfinal Piala Dunia 2022 akan dibahas di sini. Penjaga gawang Kroasia, Dominik Livakovic, dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam laga yang digelar di Stadion Education City, Jumat (9/12/2022) malam mulai pukul 22.00 WIB tersebut.

Livakovic lagi-lagi menjadi pahlawan untuk Vatreni – julukan Timnas Kroasia – melalui penyelamatan-penyelamatan heroiknya dalam sesi adu penalti. Dalam laga itu, Kroasia mengalahkan Tim Samba – julukan Timnas Brasil – dengan skor 4-2 dalam sesi tos-tosan setelah laga berakhir imbang 1-1 selama 120 menit.

Timnas Kroasia vs Timnas Brasil

Awalnya, baik Kroasia maupun Brasil sama-sama kesulitan untuk mencetak gol di waktu normal meski mendapat sejumlah peluang. Sehingga, kedua tim harus melanjutkan pertandingan ke babak extra time.

Di babak tambahan waktu, Brasil membuka keran golnya lewat Neymar Junior (105+1') usai mendapat assist dari Lucas Paqueta. Namun, tim asuhan Tite itu tak dapat mempertahankan keunggulannya usai Kroasia mampu membalasnya secara kontan lewat gol Bruno Petkovic (116').

Kemudian, laga berlanjut lewat babak adu penalti. Keempat penendang Vatreni yakni Nikola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, Mislav Oršić sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Sementara itu, dua penendang Brasil yakni Rodrygo Goes dan Marquinhos gagal mengeksekusi dengan baik.

Tendangan penalti Rodrygo mampu ditepis oleh Livakovic dengan gemilang. Kiper Dinamo Zagreb itu pun sukses bawa Kroasia memenangkan adu tos-tosan itu dengan skor 4-2 (agregat 5-3). Berkat kemenangan itu, tim asuhan Zlatko Dalic tersebut berhak memastikan tiket ke semifinal melawan pemenang antara Belanda vs Argentina.

Follow Berita Okezone di Google News

Ketenangan, keterampilan, dan refleksnya, membuat Livakovic pantas dinobatkan sebagai pemain terbaik di laga tersebut. Selain itu, Livaković adalah kunci dalam menghindari gol-gol lain dari Neymar, Lucas Paquetá dan lainnya. Secara keseluruhan, dia melakukan 11 penyelamatan dalam 120 menit.

 Dominik Livakovic

Dominik Livaković adalah penjaga gawang berusia 27 tahun yang bermain untuk Dinamo Zagreb, di Kroasia. Dia telah memainkan 39 pertandingan dengan tim nasionalnya, lima pertandingan terakhir di Piala Dunia di Qatar.

Sang penjaga gawang sudah menjadi starter di turnamen tersebut dan di babak 16 besar ia sudah menjadi sosok timnya yang menentukan peruntungan mereka dalam adu penalti. Kemudian, Livaković berhasil menyelamatkan tiga penalti melawan Jepang.

 Livakovic sudah menjadi bagian dari skuad Kroasia pada Piala Dunia 2018 lalu ketika mereka menjadi runner-up. Namun kala itu dia hanyalah pengganti dari Danijel Subasic, yang kini telah pensiun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini