Share

12 Pemain Timnas Malaysia Tolak Gabung, Jurnalis Malaysia Malah Takjub Lihat Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022

Tim Okezone, Okezone · Senin 05 Desember 2022 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 51 2720557 12-pemain-timnas-malaysia-tolak-gabung-jurnalis-malaysia-iri-kepada-timnas-indonesia-jelang-piala-aff-2022-RXUSAB6AD1.jpg Persiapan Timnas Indonesia membuat iri jurnalis Malaysia, Marco Negeri. (Foto: Instagram/@PSSI)

SEBANYAK 12 pemain Timnas Malaysia tolak bergabung dengan skuad jelang Piala AFF 2022, di saat bersamaan jurnalis Malaysia, Marco Negeri, malah takjub kepada Timnas Indonesia. Marco Negeri takjub karena Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong dapat diperkuat pemain-pemain terkuatnya seperti Jordi Amat, Sandy Walsh dan Elkan Baggott di Piala AFF 2022.

Hadirnya nama-nama di atas karena pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meminta izin kepada klub masing-masing. Shin Tae-yong sampai terbang ke markas Gillingham FC, Elkan Baggott, dan ke kandang KV Mechelen (Sandy Walsh).

Timnas Indonesia

(Timnas Indonesia akan turun dengan komposisi skuad terbaik di Piala AFF 2022)

“Melihat Shin Tae-yong sang pelatih Indonesia meminta kepada klub-klub Eropa untuk melepas para pemainnya, menurut saya itu bagus. Sebab, saya berharap pemain-pemain seperti Elkan Baggott, Jordi Amat dan Sandy Walsh bermain di AFF,” tulis Marco Negeri di akun Twitter-nya, @marconegeri.

Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, pun terbingung-bingung atas masalah ini. Ia baru pertama kali merasakan momen buruk seperti ini di sepanjang karier kepelatihannya.

"Ya, dalam karier saya ini adalah pertama kalinya banyak pemain mengundurkan diri dari tim nasional,” kata Kim Pan-gon mengutip dari Berita Harian Malaysia.

Kendati demikian, Kim Pan-gon tidak mengeluh. Ia melihat ini sebagai momentum dirinya memanggil pemain-pemain berbakat lain yang belum mendapat kesempatan membela Timnas Malaysia di turnamen sepakbola antar negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

“Tapi saya harus tetap positif. Ini membuat saya dapat melihat lebih banyak pemain yang telah kami gali bakatnya dan saya dapat melihat mereka secara langsung, membantu dan meyakinkan mereka,” jelas entrenador berusia 53 tahun tersebut.

Timnas Malaysia

(Kim Pan-gon pimpin pemusatan latihan Timnas Malaysia)

“Kami juga bisa memperpanjang (panggilan pemusatan latihan) ke lebih banyak pemain dan kompetisi di timnas akan jadi lebih banyak. Jadi, saya ingin tetap positif," tambah pelatih yang membawa Malaysia lolos Piala Asia 2023 ini.

Sebelumnya, Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) mengumumkan 41 pemain untuk menjalani pemusatan latihan Timnas Malaysia jelang Piala AFF 2022. Namun, setelah terjadi diskusi dan kesepakatan antara FAM, Kim dan klub-klub yang terlibat, 12 pemain mundur karena berbagai alasan, termasuk masalah pribadi, masalah keluarga dan cedera.

Beberapa di antara mereka yang mengundurkan diri adalah tujuh pemain Johor Darul Ta’zim (JDT), yakni Sharul Mohd Saad, La’vere Lawrence Corbin-Ong, Muhammad Nazmi Faiz Mansor, Arif Aiman Mohd Hanapi, Muhammad Akhyar Abdul Rashid, Matthew Davies dan Muhammad Syafiq Ahmad.

Setelah 12 pemain itu mundur, FAM kemudian memanggil bek kiri Selangor FC, Muhammad Fazly Mazlan, namun dua pemain Kuala Lumpur City FC, Muhammad Akram Mahinan dan Declan Lambert minta dicoret karena alasan pribadi.

Sebagai persiapan menuju Piala AFF 2022, Malaysia bakal melakoni dua laga persahabatan kontra Kamboja di Stadion Nasional Bukit Jalil pada 9 Desember 2022. Setelah itu, lima hari kemudian mereka akan bentrok dengan Maladewa di Stadion Sepakbola Kuala Lumpur.

Timnas Malaysia tergabung di Grup B Piala AFF 2022. Mereka akan bersaing dengan empat tim lainnya, yakni Myanmar, Laos, Singapura dan Vietnam. Nantinya hanya juara dan runner-up grup yang diizinkan lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini