Share

6 Negara Unggulan yang Gagal Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Nomor 1 Picu Keributan!

Ramdani Bur, Okezone · Sabtu 03 Desember 2022 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 51 2719718 6-negara-unggulan-yang-gagal-lolos-ke-16-besar-piala-dunia-2022-nomor-1-picu-keributan-Fm9RIiRoq1.jpg Berikut 6 negara unggulan yang gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS/John Sibley)

SEBANYAK 6 negara unggulan yang gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 akan diulas Okezone. Fase grup Piala Dunia 2022 yang bergulir sejak Minggu 20 November 2022 malam WIB, akhirnya rampung pada Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB.

Tidak disangka-sangka, sejumlah tim yang diprediksi lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022, justru rontok di fase grup. Lantas, tim-tim mana saja yang dimaksud?

Berikut 6 negara unggulan yang gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022:

6. Jerman

Timnas Jerman

Berstatus juara dunia empat kali, Jerman selalu dimasukkan ke dalam daftar negara unggulan. Terlebih, Jerman didominasi pemain Bayern Munich yang notabene salah satu klub terkuat Eropa.

Namun, Jerman malah menjadi pesakitan saat tergabung di Grup E bersama Jepang, Spanyol dan Kosta Rika. Skuad asuhan Hansi Flick hanya finis di posisi tiga Grup E dengan koleksi empat angka. Mereka tercatat kalah 1-2 dari Jepang, imbang 1-1 dengan Spanyol dan menang 4-2 atas Kosta Rika.

5. Meksiko

Timnas Meksiko

Meksiko tergabung di Grup C Piala Dunia 2022 bersama Argentina, Polandia dan Meksiko. Skuad asuhan Gerardo Martino diunggulkan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 bersama Argentina.

Ranking FIFA dapat menjadi tolok ukurnya. Ketika drawing Piala Dunia 2022 dilangsungkan medio Maret 2022, Meksiko menempati posisi sembilan dunia. Jika saja Qatar tidak ditempatkan di pot 1, Meksiko bakal masuk pot unggulan bersama tim-tim teras lain macam Brasil, Prancis, Inggris, Argentina dan lain-lain.

Namun, Meksiko gagal bersinar di Piala Dunia 2022 setelah hanya mendapatkan empat poin dari tiga pertandingan. Guillermo Ochoa dan kawan-kawan tercatat hanya finis di posisi tiga, atau di bawah Argentina dan Polandia.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Denmark

Timnas Denmark

Denmark datang ke Piala Dunia 2022 dengan status semifinalis Piala Eropa 2020 dan menempati peringkat 10 dunia. Christian Eriksen dan kawan-kawan diprediksi lolos ke 16 besar, mengingat hanya Prancis, lawan sulit Denmark di Grup F.

Namun, siapa sangka, Denmark malah kalah 0-1 dari Australia dan bermain 0-0 kontra Tunisia. Alhasil, skuad asuhan Kasper Hjulmand ini finis di posisi juru kunci Grup D Piala Dunia 2022.

3. Qatar

Timnas Qatar

Qatar memang hanya menempati peringkat 50 dunia. Namun, Qatar ditempatkan sebagai unggulan karena status tuan rumah. Sayangnya, Qatar gagal memanfaatkan status itu karena selalu dalam tiga laga yang dijalani.

Bahkan Qatar tercatat sebagai negara pertama yang tersingkir di Piala Dunia 2022! Skuad asuhan Felix Sanchez ini selalu kalah dalam tiga laga yang dijalani di Grup A Piala Dunia 2022.

2. Belgia

Timnas Belgia

Bermodalkan pemain generasi emas yang sudah “karatan”, Belgia datang ke Piala Dunia 2022 dengan status tim peringkat dua dunia. Diperkuat pemain-pemain top seperti Thibaut Courtois hingga Kevin De Bruyne, membuat The Red Devils –julukan Belgia– dijagokan melaju jauh di Piala Dunia 2022.

Namun, skuad asuhan Roberto Martinez ini hanya finis di posisi tiga Grup F Piala Dunia 2022 dengan koleksi empat angka. Belgia kalah bersaing dari Kroasia yang mengemas lima angka dan Maroko yang meraup tujuh poin. Alhasil, sang pelatih Roberto Martinez langsung mengundurkan diri setelah kekalahan ini.

1. Uruguay

Timnas Uruguay

Uruguay diperkuat pemain-pemain top macam Darwin Nunez, Luis Suarez hingga megabintang Real Madrid, Federico Valverde. Kehadiran nama-nama di atas membuat Los Celeste –julukan Uruguay– dipercaya bakal membuat ledakan di Piala Dunia 2022.

Namun, Uruguay justru tersingkir setelah finis di posisi tiga Grup H dengan koleksi empat angka. Di laga pamungkas, Uruguay sebenarnya menang 2-0 atas Ghana dan berpeluang mendapat penalti di ujung pertandingan.

Jika penalti diberikan, Uruguay bisa menang 3-0 atas Ghana dan lolos ke 16 besar, karena bakal unggul selisih gol atas Korea Selatan. Namun, wasit enggan memberikan penalti dan pemain-pemain Uruguay melayangkan protes. Bahkan penyerang Uruguay, Edinson Cavani, sampai mendorong layar VAR sampai terjatuh!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini