Share

Timnas Spanyol Disebut Sengaja Kalah dari Jepang demi Hindari Brasil di Perempatfinal Piala Dunia 2022, Jerman pun Jadi Korban!

Ramdani Bur, Okezone · Jum'at 02 Desember 2022 05:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 51 2718996 timnas-spanyol-disebut-sengaja-kalah-dari-jepang-demi-hindari-brasil-di-perempatfinal-piala-dunia-2022-jerman-pun-jadi-korban-uqNzTD6nLy.jpg Timnas Spanyol disebut sengaja kalah dari Jepang demi hindari Brasil di perempatfinal Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS)

TIMNAS Spanyol disebut sengaja kalah dari Jepang demi menghindari Brasil di perempatfinal Piala Dunia 2022. Anggapan itu ramai didengungkan media sosial setelah banyak pencinta sepakbola terheran-heran tim sekuat Spanyol tumbang 1-2 dari Jepang.

Spanyol dalam posisi di atas angin saat bersua Jepang di Stadion Khalifa International pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Dibilang di atas angin karena Spanyol hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Timnas Jepang vs Spanyol

Hasil imbang bahkan sudah cukup meloloskan Spanyol ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E, asalkan di laga lain Jerman menang atau imbang atas Kosta Rika. Karena bermain tanpa beban ini, membuat Spanyol tampil lepas.

Skuad asuhan Luis Enrique pun unggul 1-0 ketika laga baru berjalan 11 menit via Alvaro Morata. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Jika skor ini bertahan hingga akhir laga, Spanyol bakal finis sebagai juara Grup E. Andai finis sebagai juara Grup E, Spanyol akan berjumpa finalis Piala Dunia 2018, Kroasia, di 16 besar. Kemudian di perempatfinal, lawan lebih kuat bakal dihadapi Spanyol, yakni Brasil.

Sayangnya, keunggulan Spanyol atas Jepang tidak bertahan sampai akhir. Jepang yang wajib menang demi lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 menekan Spanyol lewat serangan balik cepat.

Follow Berita Okezone di Google News

Hasilnya, Jepang mencetak dua gol via aksi Ritsu Doan pada menit 48 dan Ao Tanaka (51’). Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Jepang dan bertahan hingga akhir laga.

Timnas Jepang vs Spanyol

Berkat kemenangan ini, Jepang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup E dengan enam poin dan selisih gol +1. Sementara Spanyol, finis di posisi runner-up dengan empat poin dan selisih gol +6.

Kekalahan Spanyol menimbulkan korban. Juara dunia empat kali, Jerman, harus mengubur mimpinya lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 setelah finis di posisi tiga Grup E. Meski mengoleksi empat angka, Jerman kalah selisih gol dari Spanyol. Padahal, jika saja Spanyol menahan Jepang, Jerman yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

“Spanyol sengaja mengalah kepada Jepang agar tidak bertemu Brasil. Spanyol tidak menghargai kerja keras Jerman. Seharusnya Jerman kalah dari Kosta Rika supaya Spanyol juga tersingkir. Spanyol memalukan," tulis akun Twitter @zoxar.

“Spanyol sengaja kalah dari Jepang untuk menghindari Brasil,” sambung akun @dostonmamanov.

Berhubung finis sebagai runner-up Grup E, Spanyol akan bersua Maroko di 16 besar Piala Dunia 2022. Jika menang atas Maroko, Spanyol akan bersua juara Grup H atau runner-up Grup G yang sejauh ini belum diketahui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini