Share

Alasan Kenapa Timnas Uruguay Punya Bintang 4 di Jerseynya Padahal Baru 2 kali Juara Dunia

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 22:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 51 2718168 alasan-kenapa-timnas-uruguay-punya-bintang-4-di-jerseynya-padahal-baru-2-kali-juara-dunia-hVNeronMn6.JPG Timnas Uruguay punya empat bintang di logonya (Foto: REUTERS)

ALASAN kenapa Timnas Uruguay punya bintang 4 di jerseynya padahal baru 2 kali juara dunia menarik untuk dibahas. Piala Dunia merupakan turnamen sepak bola paling bergengsi.

Bagi tim yang memenangkan trofi Piala Dunia akan dihadiahi satu bintang yang akan menempel di jersey tim. Jumlah bintang tentunya akan semakin banyak seiring dengan banyaknya perolehan trofi juara Piala Dunia. Jika sebuah tim memenangkan Piala Dunia sebanyak 3 kali maka jumlah bintang di jerseynya adalah 3.

Timnas Uruguay

Namun, berbeda dengan Uruguay yang baru menang 2 kali namun bintangnya ada 4. Ternyata ini alasan kenapa Timnas Uruguay punya bintang 4 di jerseynya padahal baru 2 kali juara dunia.

Alasan Kenapa Timnas Uruguay Punya Bintang 4 di Jerseynya Padahal Baru 2 kali Juara Dunia

Sepanjang sejarah Piala Dunia, Brasil menjadi negara yang paling sukses dalam mengumpulkan trofi juara. Tim berjuluk Tim Samba itu total telah mengoleksi lima trofi. Karena itulah di atas lambang Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) bertengger lima bintang.

Sama halnya dengan Brasil, Jerman dan Italia juga menyematkan empat bintang di atas lambang federasi sepak bola negaranya karena sudah memenangkan Piala Dunia sebanyak empat kali.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, Uruguay justru baru dua kali menjuarai Piala Dunia, yakni pada edisi 1930 dan 1950. Namun, bintang yang bertengger di atas jersey La Celeste – julukan Timnas Uruguay – berjumlah empat.

 Timnas Uruguay

Usut punya usut, dua bintang lainnya berasal dari ajang Olimpiade. Sebelum adanya turnamen Piala Dunia yang pertama kali digulir pada 1930, Olimpiade menjadi turnamen paling bergengsi pada masa itu.

Uruguay pernah meraih dua medali emas Olimpiade dalam cabang olahraga sepak bola pada 1924 dan 1928. Mengenai hal ini, Timnas Uruguay rupanya telah mendapatkan izin dari FIFA untuk tetap mengenakan dua bintang yang diperoleh dari Olimpiade. Sehingga, total bintang di jersey tersebut ada 4.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini