Share

Kisah Kiper Legendaris Indonesia yang Berhasil Gagalkan Penalti Pele

Cita Zenitha, MNC Portal · Rabu 30 November 2022 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 51 2718103 kisah-kiper-legendaris-indonesia-yang-berhasil-gagalkan-penalti-pele-OY7KDYIvvj.jpg Kisah Kiper Legendaris Indonesia yang Berhasil Gagalkan Penalti Pele. (Foto: Istimewa)

KISAH kiper legendaris Indonesia yang berhasil gagalkan penalti Pele mencuri perhatian. Selama aktif menjaga gawang, kiper legendaris bernama Ronny Pasla telah mempersembahkan banyak gelar untuk Indonesia.

Kiper merupakan komponen penting dalam lini pertahanan sepakbola. Mereka memiliki peran menghadang serbuan bola dari pemain lawan. Bahkan federasi sepak bola dunia (FIFA) sampai memberikan gelar khusus untuk kiper terbaik dunia.

Timnas Indonesia pernah memiliki kiper handal dalam menjaga pertahanan gawang bernama Ronny Pasla. Namanya mungkin asing di telinga masyarakat saat ini. Tetapi, jasanya memperkuat lini pertahanan sepakbola Indonesia tidak pernah terhapuskan.

Legenda Timnas Brasil, Pele

Berikut kisah kiper legendaris Indonesia yang berhasil gagalkan penalti Pele:

Ronny Pasla lahir pada 15 April 1947 di Medan. Ia memulai karier olahraganya sebagai atlet tenis. Bahkan, ia pernah meraih juara pertama Kejuaraan Tenis Nasional Tingkat Junior di Malang.

Berkat peran sang ayah, Ronny Pasla dapat terjun ke dunia sepakbola. Ronny Pasla mengawali karier sepak bolanya bersama Dinamo Medan. Selang setahun menjadi pemain Dinamo Medan, Ronny Pasla langsung diangkat menjadi penjaga gawang.

Ronny Pasla memiliki kualitas yang baik dalam dunia kulit bundar. Ia membawa Dinamo Medan menjadi juara dalam Piala Suratin. Saat berusia 20 tahun, Timnas Indonesia memanggil Ronny Pasla untuk memperkuat gawang Merah Putih.

Follow Berita Okezone di Google News

Kisah menarik Ronny Pasla dalam dunia kulit bundar dimulai kala Indonesia kontra dengan klub Brasil pada 1972. Klub Brasil, Santos FC datang ke Indonesia dalam rangka tur Asia.

Pertandingan yang diselenggarakan di Stadion Senayan itu menjadi turnamen yang paling dinantikan. Pasalnya, pemain Indonesia akan berhadapan dengan bintang ternama Brasil, Pele.

Pertandingan berlangsung hingga babak penalti. Pele ditunjuk oleh timnya untuk menjadi eksekutor tembakan penalti ke gawang Indonesia. Berkat kehebatan Ronny Pasla, Pele gagal menembus gawang Indonesia. Ronny Pasla menampik bola yang berasal dari tendangan Pele dengan begitu apik.

Ronny Pasla

Meski kalah dari Brasil, Ronny Pasla tetap menjadi pahlawan Indonesia pada saat itu. Skor antara Timnas Indonesia dan Brasil juga beda tipis 1-2. Dari perbedaan skor sudah terlihat bahwa Timnas Indonesia juga memiliki peluang mengalahkan Brasil pada pertandingan itu.

Demikian kisah kiper legendaris Indonesia yang berhasil gagalkan penalti Pele. Semoga dapat menambah wawasan dan informasi bagi pembaca Okezone semua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini