Share

5 Manfaat Sepakbola yang Perlu Diketahui, Nomor 1 Menguatkan Otot!

Salma Sita Rosulina, Okezone · Rabu 23 November 2022 23:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 51 2713628 5-manfaat-sepakbola-yang-perlu-diketahui-nomor-1-menguatkan-otot-avrTxrKy5z.JPG 5 manfaat sepakbola yang perlu diketahui (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 manfaat sepakbola akan diulas dalam artikel Okezone kali ini. Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang paling digemari di seluruh dunia.

Bahkan, sepakbola tak hanya populer dikalangan para lelaki saja. Para wanita pun juga banyak yang menyukai olahraga satu ini.

Olahraga sepakbola juga dapat memberikan banyak manfaat. Lantas, apa sajakah itu?

Berikut 5 Manfaat Sepakbola yang Perlu Diketahui

5. Membangun Karakter

Cristiano Ronaldo

Olahraga sepakbola tidak hanya mencetak gol atau menahan bola agar tidak direbut lawan, namun olahraga ini dapat membentuk karakter. Membentuk karakter yang dimaksud seperti bagaimana cara mengatur emosi, menerima kekalahan, serta sportivitas.

Bermain sepakbola dapat melatih para pemainnya untuk bertanggung jawab. Misalnya seperti bagaimana seorang pemain gelandang yang bertugas untuk membangun serangan.

4. Melatih Kemampuan Kognitif

Hansi Flick

Bermain sepak bola ternyata dapat membantu melatih kemampuan kognitif. Strategi yang diberikan pelatih mengharuskan pemain untuk berkonsentrasi dan disiplin agar dapat mencetak gol ke gawang lawan.

Tidak hanya itu, pemain juga dituntut untuk cekatan dan gesit ketika sedang bermain agar lawan tidak mencetak gol ke gawang tim sendiri. Hal itulah yang memicu saraf kognitif agar bekerja lebih keras, sehingga otak sudah terlatih untuk berpikir cepat.

3. Mendapatkan Banyak Teman

Timnas Jepang

Permainan sepakbola menuntut strategi agar permainan dapat berjalan dengan baik. Lebih lagi di dalam satu tim sepakbola berisikan 11 orang, sehingga interaksi dan komunikasi menjadi suatu hal yang penting untuk menyusun strategi.

Hal itu dapat dikatakan karena sepakbola merupakan olahraga per tim, maka dari itu, komunikasi menjadi hal yang wajib. Sehingga tidak sedikit persahabatan yang terjalin ketika bermain sepak bola.

2. Menurunkan Berat Badan

Ronaldo Luiz

Sepakbola juga dapat menurunkan berat badan. Olahraga ini mengharuskan para pemainnya untuk selalu berlari-lari di area lapangan yang luas, sehingga dapat membantu proses pembakaran kalori.

Ketika bermain sepakbola, tentunya badan kita melakukan banyak gerakan, hal tersebutlah yang membantu menghasilkan banyak keringat. Lemak-lemak yang terbakar dapat membantu agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya, seperti diabetes, kolesterol, darah tinggi dan berat badan yang menjadi lebih terkontrol.

1. Menguatkan Otot

Cristiano Ronaldo

Bermain sepak bola dapat menguatkan otot. Gerakan seperti berlari, menendang dan melompat dapat membantu otot menjadi lebih kuat.

Tentunya jika bermain sepakbola secara teratur, dapat membangun otot-otot ditubuh baik otot bagian atas maupun otot bagian bawah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini