Share

Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya Dipaksakan Digelar Malam Hari, Ridwan Kamil: Jangan Selalu Kejar Rating TV!

Ramdani Bur, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 49 2679427 laga-arema-fc-vs-persebaya-surabaya-dipaksakan-digelar-malam-hari-ridwan-kamil-jangan-selalu-kejar-rating-tv-M4wAxiQO08.JPG Laga Arema FC vs Persebatya Surabaya dipaksakan digelar malam hari ini. (Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengkritisi jadwal pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya yang digelar malam hari ini. Ia menilai jangan selalu karena mengejar rating televisi, laga-laga besar yang sarat gesekan dipasakan digelar malam hari ini.

“Semua dari kita harus berintrospeksi atas tragedi ini. Tujuan berolahraga, pembelajaran menerima kemenangan atau kekalahan, profesionalitas kepanitiaan sebuah kegiatan olahraga, teknik pengamanan dll. Jangan selalu kejar demi rating TV dengan memaksa pertandingan selalu malam hari,” tulis Ridwan Kamil di akun Twitter-nya, @ridwankamil.

Ridwan Kamil

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, sejak awal menjadwalkan laga Arema FC vs Persebaya Surabaya digelar di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 20.00 WIB.

Namun, kepolisian memberi saran kepada PT LIB untuk menggeser laga dari malam ke sore hari. Jika laga digelar sore hari, pengendalian suporter otomatis jauh lebih mudah ketimbang pertandingan dilangsungkan malam hari.

Karena itu, pihak kepolisian mengeluarkan surat bernomor B/ 2151/IX/PAM.3.3./2022 perihal permohonan perubahan jadwal pertandingan Liga 1 tahun 2022. Di surat itu tertulis, pihak kepolisian meminta kick off laga diubah, dari pukul 20.00 ke 15.00 WIB dengan pertimbangan keamanan.

Panpel pun menanggapi permohonan itu dengan bersurat langsung kepada PT LIB. Surat itu diterima dan kemudian ditanggapi dalam bentuk hasil koordinasi PSSI, PT LIB, dan Host Broadcaster. Tertuang dalam surat bernomor 497/LIB-KOM/IX/2022 penolakan dari ajuan perubahan jadwal tersebut.

“Kami PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) menyampaikan bahwa meminta kepada Klub Arema FC untuk berkoordinasi secara optimal kepada pihak keamanan dalam hal ini khususnya dengan KAPOLRES Malang untuk TETAP melaksanakan pertandingan BR Liga 1-2022/2023 NP 96 antara Arema FC VS PERSEBAYA Surabaya DILAKSANAKAN SESUAI DENGAN JADWAL YANG TELAH DITENTUKAN,” tulis jawaban surat tersebut.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, pun mengungkap alasan kenapa laga tetap digelar malam hari. Pertimbangan utamanya karena suporter Persebaya Surabaya dipastikan tak datang ke Stadion Kanjuruhan.

Sekjen PSSI Yunus Nusi

(Sekjen PSSI, Yunus Nusi)

Sayangnya, kerusuhan tetap pecah meski tak ada suporter Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan. Akibatnya, sebanyak 125 orang meninggal dunia.

"Pertama kita ketahui bahwa kepolisian mengajukan permohonan untuk dilaksanakan di sore hari, tetapi oleh PT LIB dan panpel melakukan diskusi dan terjadi kesepahaman bersama bahwa dengan beberapa persyaratan salah satunya untuk tidak menghadirkan suporter lawan ke stadion,” kata Yunus Nusi dalam konferensi pers pada Minggu 2 Oktober 2022.

"Itu yang menjadi rujukan dari pihak panpel dan LIB untuk berpositif thinking bahwa sulit akan ada kerusuhan ketika tidak ada rivalitas dan tidak ada suporter dari Persebaya yang datang ke Malang," tutup Yunus Nusi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini