Share

Liga Spanyol 2022-2023: Laga Espanyol vs Valencia Diawali Hening Cipta, Hormati Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Minggu 02 Oktober 2022 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 02 46 2679267 liga-spanyol-2022-2023-laga-espanyol-vs-valencia-diawali-hening-cipta-hormati-tragedi-kerusuhan-di-stadion-kanjuruhan-6M3BJTATb1.jpg Momen hening cipta di laga Espanyol vs Valencia (Foto: Twitter/@LaLigaEN)

HORMATI tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, laga Espanyol vs Valencia di Liga Spanyol 2022-2023, yang berlangsung Minggu (2/10/2022) malam WIB, diawali dengan hening cipta. Para pemain dari kedua tim, ofisial, wasit, dan penonton berdiri seraya memberi penghormatan atas kejadian di Malang, Jawa Timur.

Sebagaimana diketahui, tragedi nahas usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2022-2023, Sabtu 1 Oktober 2022 malam WIB, mendapat perhatian publik. Bukan hanya sorotan dari dalam negeri, media internasional pun turut memberi kabar soal tragedi โ€˜berdarahโ€™ itu.

ย Espanyol vs Valencia

Oleh karena itu, dalam rangka memberi penghormatan, pihak Liga Spanyol menyatakan bakal hening cipta selama satu menit sebelum kick off pertandingan. Salah satu yang sudah melakukan hal itu adalah pertandingan Espanyol vs Valencia di pekan ke-7 Liga Spanyol 2022-2023.

Dari video yang diunggah Twitter resmi Liga Spanyol, @LaLigaEN, pada Minggu (2/10/2022) malam WIB, terlihat para pemain dari kedua kesebelasan berkumpul di lingkaran tengah lapangan. Lalu, mereka saling merangkul rekan setim mereka masing-masing.

Ribuan pasang mata yang hadir di Estadio Cornella-El Prat pun tak bersuara selama satu menit. Diiringi musik yang khitmad, momen tersebut benar-benar membuat bulu kuduk setiap orang yang menyaksikannya berdiri.

BACA JUGA:Ikut Berduka atas Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Liga Spanyol Adakan Mengheningkan Cipta Sebelum Pertandinganย 

Terlihat Edinson Cavani dan kolega serta para pelatih dan tim ofisial sangat khitmad melakukan penghormatan tersebut. Begitu selesai, semua orang yang berada di sana pun langsung bertepuk tangan.

Adapun kejadian yang menelan korban hingga 125 suporter itu benar-benar jadi sejarah kelam sepakbola Indonesia. Adanya kerusuhan pecah di Stadion Kanjuruhan itu terjadi usai Arema FC dibekuk Persebaya Surabaya dengan skor 2-3.

Espanyol vs Valencia

Para Aremania (suporter Arema FC) tidak terima tim kesayangannya menuai kekalahan. Usai laga mereka langsung menyerbu ke lapangan dan kerusuhan pun pecah.

Pihak keamanan pun mencoba mengontrol masa dengan melepaskan gas air mata ke tribun penonton. Namun, hal itu justru membuat ribuan penonton panik dan berdesakkan mencari jalan keluar.

Alhasil, banyak dari mereka yang terinjak-injak dan mengalami sesak napas. Bahkan, menurut keterangan resmi yang diberikan oleh pihak kepolisian, sejauh ini terdata 125 orang meninggal dunia akibat insiden tersebut.

Sementara itu, laga Espanyol vs Valencia di Liga Spanyol 2022-2023 sendiri sudah berakhir. Kedua tim bermain imbang 2-2 usai Joselu (56โ€™) dan Sergi Darder (83โ€™) mencetak gol untuk Espanyol. Sedangkan dua gol Valencia dicetak oleh Gabriel Paulista (53โ€™) dan Eray Comert (90+6โ€™).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini