Share

Kisah Shin Tae-yong Dibujuk Ratu Tisha untuk Melatih Timnas Indonesia

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 01 Oktober 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 51 2678565 kisah-shin-tae-yong-dibujuk-ratu-tisha-untuk-melatih-timnas-indonesia-gWxJ3rw4eR.jpg Kisah Shin Tae-yong dibujuk Ratu Tisha untuk melatih Timnas Indonesia (Foto: Instagram/@pssi)

KISAH Shin Tae-yong dibujuk Ratu Tisha untuk melatih Timnas Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Di balik keberhasilan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia saat ini, ada cerita panjang yang membuat pelatih berpaspor Korea Selatan itu mau menjadi juru taktik Timnas Indonesia.

Adapun kisah awal Shin Tae-yong mau menjadi pelatih Timnas Indonesia dimulai dengan bujukan Ratu Tisha. Ratu Tisha diketahui memiliki peran besar dalam perekrutan Shin Tae-yong untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.

 Ratu Tisha dan Shin Tae-yong

Lantas, seperti apa kisah Shin Tae-yong dibujuk Ratu Tisha untuk melatih Timnas Indonesia? Berikut ini ceritanya.

Kisah Shin Tae-yong dibujuk Ratu Tisha untuk melatih Timnas Indonesia dimulai pada 2018. Ketika itu, Ratu Tisha menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI periode 2017-2020. Salah satu kerja nyata yang ia lakukan adalah dengan mendatangkan Shin Tae-yong.

Tak mudah untuk mendapatkan persetujuan pelatih asal Korea Selatan tersebut. Ratu Tisha terus membujuknya sejak 2018. Perempuan 36 tahun tersebut sampai melakukan segala cara agar bisa berkomikasi langsung dengan mantan pelatih Timnas Korea Selatan pada Piala Dunia 2018.

Bisa dibilang, cara yang dilakukan Ratu Tisha cukup memaksa hingga akhirnya Shin Tae-yong mau memenuhi keinginan Ratu Tisha. Setelah itu, Shin Tae-yong bertemu dengan Ketum PSSI, Sekjen, dan Exco secara diam-diam di Malaysia.

Pertemuan tersebut terjadi pada 19 November 2019.Itu bersamaan dengan laga Timnas Indonesia vs Malaysia, yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Shin Tae-yong

Wanita kelahiran Jakarta itu menggaet Shin Tae-yong dengan metode tersendiri. Yaitu, dengan memaparkan visi sepak bola yang akan diemban, cara membangun sepak bola, dan nilai-nilai yang dianut.

Cara tersebut Ratu Tisha lakukan untuk menyamakan tujuan serta pandangan antara pelatih dan pemainnya. Kemudian ia memberikan waktu kepada Shin Tae-yong untuk berpikir.

Setelah dipertimbangkan secara matang, akhirnya Shin Tae-yong setuju untuk menahkodai Timnas Indonesia. Meski kini belum bisa membawa Timnas Indonesia juara, Shin Tae-yong mulai memperlihatkan keseriusan dalam membina Timnas Indonesia.

Salah satu bukti nyatanya dengan mengantarkan Timnas Indonesia mentas di Piala Asia 2023. Sekadar diketahui, Timnas Indonesia terakhir mentas di Piala Asia pada 2007 silam. Selain itu, Shin Tae-yong berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-20 tembus Piala Asia U-20 2023.

Tentunya, dengan torehan itu bayak pencinta Timnas Indonesia berharap padanya. Adapun harapan besar publik Tanah Air kepada Shin Tae-yong agar bisa membawa skuad Garuda naik level di mata dunia.

Demikian kisah Shin Tae-yong dibujuk Ratu Tisha untuk melatih Timnas Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini