Share

Cara Latihan Menggiring Bola dengan Baik dan Benar

Salma Sita Rosulina, Okezone · Jum'at 30 September 2022 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 51 2678133 cara-latihan-menggiring-bola-dengan-baik-dan-benar-Qjr6WsdOt2.JPG Cara latihan menggiring bola dengan baik dan benar (Foto: REUTERS)

CARA latihan menggiring bola dengan baik dan benar akan dibahas di sini. Ini adalah teknik dasar yang perlu diketahui dalam bermain sepakbola.

Dalam permainan sepakbola yang menjadi hal yang penting adalah mengontrol serta memanipulasi bola. Namun, dalam memudahkan untuk memberikan umpan serta tembakan dalam permainan bola harus dilakukan dengan menggiring bola.

Neymar dan Kylian Mbappe

Sehingga, menggiring bola sangat penting untuk dilakukan, tapi dalam melakukannya memiliki beberapa cara yang dapat dilakukan supaya bisa memaksimalkannya dalam menggiring bola tersebut. Oleh karena itu, latihan diperlukan agar mampu menggiring bola dengan baik dan benar.

Berikut Cara Latihan Menggiring Bola dengan Baik dan Benar

1. Melakukan latihan menggiring bola di lapangan

Lionel Messi

Tempat yang dapat digunakan dalam melakukan latihan ini hanya perlu membutuhkan lapangan terbuka dengan berlatih sambil berlari cepat dengan sentuhan lembut pada ujung kaki di depan. Jaga terus jarak yang dilakukan sekitar 0,5 meter.

2. Lakukan latihan dengan cepat

Kylian Mbappe

Latihan ini dilakukan dengan menggiring bola secara cepat dengan menyusuti lapangan dengan kecepatan yang terjaga. Dalam melakukan penggiringan secara cepat harus dilakukan dengan benar yaitu pergelangan kaki diharuskan sedikit menekuk ke arah dalam dan bagian depan kaki dihadapkan ke bawah.

Pada metode ini, penggiringan bola akan dilakukan setiap 5 ataupun 8 langkah, dan lakukan kontak bola terus sambil berlari dan jangan melambat.

3. Giring bola secara meliuk dengan deretan kerucut menggunakan satu kaki

Latihan Timnas Indonesia

Simpan 5 kerucut, yang diberi jarak satu meter, lakukan liukan melewati kerucut dengan menggunakan satu kaki. Lakukan secara bergantian diantara ujung kaki dalam instep kaki yang bertujuan umpan bola secara bolak-nbalik diantara kerucut. setelah selesai lakukan berganti arah dan ulangi berkali -kali sebelum istirahat.

ยท Apabila kerucut yang disimpan itu jatuh, maka kontrol anda terhadap bola masih terlalu cepat dan buruk, berarti diharuskan untuk memperlambat sedikit temponya.

ยท Kemampuan menggunakan kaki dalam sepak bola sangat penting, diusahan untuk tidak mencoba latihan hanya dengan salah satu kaki yang dominan. Lakukan latihan berkali-kali dan dengan berganti kaki, jangan lupa untuk memberika sedikit istirahat di setap sesinya.

4. Lakukan latihan roll inside

Mohamed Salah

Letakan kaki di atas bola, lalu gulingkan bola di antara kerucut. Melakukan gulingan hanya pada sudut tertentu, maka bola akan bergulir di depan kaki yang menggulingkan. Kemudian gunakan bagian instep kaki lainnya untuk penangkapan bola. Namun sebelum menggunakan manuver lakukan guling kembali sebagai umpan balik bola.

5. Latihan pengumpanan bola dengan tanpa memasang kerucut

Pratama Arhan

Latihan keterampilan crossing dapat mudah dilakukann tanpa perlu adanya kerucut. diawali dengan mengumpan bola antra kedua kaki tanpa gerakan ke depan. Yang perlu digunakan melakukan kedua kaki bagian dalam untuk umpan bolak-balik. Lakukan latihan manuver ini dengan kecepatan yang berbeda, sambil dilakukan gerakan maju mundur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini