Share

5 Fakta Unik Negara Curacao, Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 24 September 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 51 2674166 5-fakta-unik-negara-curacao-lawan-timnas-indonesia-di-fifa-matchday-september-2022-piMVByAeRq.jpg 5 Fakta unik negara Curacao. (Foto: Laman resmi Curacao/www.curacao.com)

5 fakta unik negara Curacao yang tak banyak orang tahu akan dibahas di artikel ini. Akhir-akhir ini negara Curacao kerap diperbincangkan setelah diketahui menjadi lawan Timnas Indonesia di laga FIFA Matchday September 2022.

Laga yang dilakukan dua kali itu akan diselenggarakan pada Sabtu 24 September 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Selasa 27 September 2022 di Stadion Pakansari, Bogor.

Terlepas dari itu, negara kepulauan yang ada di Laut Karibia ini memiliki fakta unik. Lantas, apa saja fakta unik negara Curacao? Untuk mengetahuinya, simak ulasan Okezone berikut ini.

Berikut 5 Fakta Unik Negara Curacao:

5. Sejarah Nama Curacao

Negara Curacao

Asal kata Curacao diyakini berasal dari kata Portugis, coração, yang memiliki arti hati. Ini merujuk pada fakta bahwa negara ini menjadi pusat perdagangan dan tempat para pelaut beristirahat.

Uniknya secara ajaib, mabuk laut yang dialami para pedagang sembuh saat singgah di pulau ini.

4. Negara Bagian Kerajaan Belanda

Negara Curacao (Curacao.com)

Negara dengan luas 444 kilometer persegi ini tak lepas dari pengaruh invasi Eropa yang datang pada 1499, yakni negara Spanyol dan Belanda.

Pada 1515, penduduk asli di wilayah ini dijadikan sebagai budak oleh Spanyol. Kemudian Belanda datang mengalahkan Spanyol pada 1634.

Sebab itu, pada 2010, Curacao resmi menjadi negara yang masuk dalam bagian Kerajaan Belanda.

3. Ibu Kota Paling Berwarna

Negara Curacao

Mulanya sebagian besar bangunan di negara ini berwarna putih. Namun, sejak dikuasai Belanda pada abad 17, bangunan warna-warni banyak digemari.

Tak heran, Willemstad, ibu kota negara Curacao dipenuhi berbagai bangunan berwarna.

2. Pusat Akulturasi Budaya

Negara Curacao (Curacao.com)

Lantaran pernah diinvasi Eropa, budaya lokal sangat lekat dengan kehadiran bangsa asing. Bahkan, bendera negara ini menggambarkan akulturasi budaya.

Pengaruh budaya tersebut dapat dilihat dari bahasa, tradisi, agama, nilai sosial, makanan dan aspek lainnya. Seperti, masyarakatnya menggunakan empat bahasa, yaitu Belanda sebagai bahasa resmi, Papiamentu, Spanyol dan Inggris.

1. Populasi Iguana yang Melimpah

Ilustrasi Iguana

Umumnya populasi manusia di suatu negara akan mendominasi. Namun hal itu berbeda di negara ini sebab yang mendominasi adalah iguana. Ya, hewan satu ini bisa ditemukan d imana-mana dan termasuk satwa dilindungi di negara tersebut.

Demikian fakta unik negara Curacao yang tak banyak orang tahu. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini