Share

Media Vietnam Sindir Shin Tae-yong yang Pernah Ungkit Sepakbola Gajah Antara Timnas Vietnam U-19 dan Thailand

Andika Pratama, Okezone · Kamis 22 September 2022 05:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 51 2672423 media-vietnam-sindir-shin-tae-yong-yang-pernah-ungkit-sepakbola-gajah-antara-timnas-vietnam-u-19-dan-thailand-POZsjRVf7F.jpg Media Vietnam kembali sindir Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong (Foto: Instagram/@pssi)

MEDIA Vietnam, Soha.vn, menyindir Shin Tae-yong yang pernah ungkit sepakbola gajah antara Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19. Sindiran itu hadir setelah Timnas Indonesia U-20 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-20 tergabung di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Garuda Nusantara saling sikut dengan Vietnam, Timor Leste, dan Hong Kong.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam pun melibas Timor Leste (4-0) dan Hong Kong (5-1) dengan skor identik. Alhasil, kedua tim memperebutkan status juara Grup F pada pekan pamungkas.

Bentrok di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu 18 September 2022, malam WIB, Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam bertarung sengit. Hujan gol pun terjadi dalam pertandingan tersebut.

Marselino Ferdinan memecah kebuntuan Garuda Nusantara pada menit 60. Vietnam pun merespons pada menit 66 melalui serangan balik cepat yang membuahkan gol bunuh diri Muhammad Ferarri.

Pada menit 79, Garuda Nusantara kecolongan melalui serangan balik Vietnam yang membuahkan gol Dinh Xuan Tien. Untungnya, pada menit 82, Timnas Indonesia U-20 bisa menyamakan kedudukan melalui sundulan Ferarri dalam situasi sepak pojok.

Selang tiga menit, Rabbani Tasnim mencetak gol usai memaksimalkan umpan tarik Alfriyanto Nico. Timnas Indonesia U-20 berbalik unggul 3-2 atas Vietnam hingga pertandingan berakhir.

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia lolos langsung ke Piala Asia U-20 2023 sebagai juara Grup F. Sementara itu, Vietnam lolos sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik.

Kemenangan atas Vietnam kali ini seperti balas dendam bagi Timnas Indonesia U-20. Sebab, di Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 gugur tragis meski tidak terkalahkan di fase grup. Penyebabnya adalah laga Vietnam kontra Thailand berakhir imbang 1-1.

Sempat muncul tuduhan sepakbola gajah terjadi dalam pertandingan Vietnam dan Thailand kala itu. Akan tetapi, AFF menyatakan pertandingan itu berjalan normal. Meski begitu, hasil Piala AFF U-19 2022 masih menyakiti Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, dan suporter Tanah Air sehingga sulit dilupakan.

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Shin Tae-yong pun beberapa kali menyinggung pertandingan Vietnam dan Thailand kala itu tidak mengedepankan fair play. Oleh sebab itu, media Vietnam menyindir juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

“Kembali sebelum pertandingan, Pelatih Shin Tae-yong berbicara dengan sangat kuat meskipun dia berpartisipasi di taman bermain remaja, tempat tim didorong untuk berkontribusi dan berkembang bersama. Dan meskipun beberapa bulan telah berlalu setelah Piala AFF U-19 2022, AFF telah secara resmi mengkonfirmasi, bahwa pertandingan antara Vietnam dan Thailand (imbang 1-1) benar-benar normal, tetapi dengan Pelatih Shin Tae-yong tidak. Pelatih ini masih membawa persaingan yang hebat dalam dirinya,” tulis Soha.vn, Kamis (22/9/2022).

“Perlu diketahui sebelumnya, juga Tuan Shin Tae-yong yang berulang kali menyerang Vietnam U19 dan Thailand U19, adalah salah satu orang di balik pengaruh tersebut, sehingga PSSI mengancam akan keluar dari AFF. Sampai sekarang, tampaknya semuanya sudah tenang, tetapi Pelatih Shin Tae-yong masih ingin membuat keributan...,” lanjut Soha.vn.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini