Share

Tak Pernah Kalah dari Vietnam, Bukti Bima Sakti Lebih Hebat ketimbang Shin Tae-yong?

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Minggu 14 Agustus 2022 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 51 2647608 tak-pernah-kalah-dari-vietnam-bukti-bima-sakti-lebih-hebat-ketimbang-shin-tae-yong-F6n8v9ws6L.jpg Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. (Foto: PSSI)

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16, Bima Sakti sukses mengantarkan skuad Garuda Asia menjuarai Piala AFF U-16 2022. Menariknya gelar juara itu diraih usai mampu mengalahkan Vietnam U-16 di partai final.

Kemenangan itu lantas membuat banyak pihak berpikir Bima Sakti jauh lebih baik dari Shin Tae-yong. Lantas apakah benar?

Sejauh ini Shin Tae-yong yang menangani Timnas Indonesia U-19, U-23, dan tim senior memang tercatat belum pernah menang atas Vietnam. Tercatat sudah empat kali Shin Tae-yong berjumpa tim berjuluk The Golden Stars tersebut selama menangani Timnas Indonesia, namun kemenangan tak kunjung diraih.

Shin Tae-yong tepatnya merasakan dua kekalahan dan dua imbang saat melawan Vietnam. Hasil imbang 0-0 terjadi di Piala AFF 2020 dan Piala AFF U-19 2022.

Shin Tae-yong

Lalu kekalahan memalukan dirasakan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Tenggara, di mana mereka dikalahkan Vietnam 0-4 pada Juni 2021 silam. Lalu di ajang SEA Games 2021 pun Timnas Indonesia U-23 juga tumbang 0-3 dari Vietnam.

Empat laga itulah yang menjadi bukti bahwa Shin Tae-yong selalu kesulitan jika lawan yang harus dihadapi Timnas Indonesia adalah Vietnam. Hal tersebut jelas berbanding terbalik dengan Bima Sakti yang saat ini menangani Timnas Indonesia U-16.

Bima Sakti tercatat juga sudah empat kali melawan Vietnam U-16. Menariknya, keempat laga itu selalu diraih Bima Sakti dengan kemenangan.

Pertemuan pertama Timnas Indonesia U-16 melawan Vietnam terjadi Piala AFF U-16 2019. Tergabung di Grup A, Timnas Indonesia U-16 pada saat itu sanggup menang 2-0 atas Vietnam yang masih ditangani oleh Dinh The Nam tersebut.

Lalu masih di Piala AFF U-16 2019, Timnas Indonesia U-16 kembali berjumpa Vietnam, yang mana kali ini kedua tim bertemu untuk memperebutkan posisi ketiga pada turnamen tersebut. Kala itu laga berjalan sengit hingga skor masih 0-0 hingga laga berakhir, namun di babak adu penalti Timnas Indonesia U-16 berakhir menang dan berhak menyabet status peringkat ketiga.

Kemudian, Timnas Indonesia U-16 kembali satu grup dengan Vietnam di Piala AFF U-16 2022. Berjumpa di matchday pamungkas Grup A, pasukan Bima Sakti pun menang 2-1 atas Vietnam.

Berkat kemenangan itu, Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal dengan status sebagai jawara grup A, Sementara Vietnam juga berhasil lolos usai menjadi runner-up terbaik dari tiga grup di Piala AFF U-16 2022.

Bima Sakti

Singkat cerita, Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam lagi-lagi berjumpa di final karena mampu melewati babak semifinal dengan baik. Pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Jumat 12 Agustus 2022 tersebut, skuad Garuda Asia menang 1-0 atas Vietnam dan otomatis keluar sebagai juaranya.

Jadi, Bima Sakti berhasil membuktikan mampu empat kali mengalahkan Vietnam yang merupakan salah satu tim sepakbola terkuat di Asia Tenggara saat ini. Bahkan Bima Sakti mampu membawa Timnas Indonesia U-16 juara, sesuatu hal yang belum dicapai Shin Tae-yong selama menangani tiga kelompok Timnas Indonesia.

Kendati Shin Tae-yong belum juga memberikan gelar juara dan selalu kalah ketika melawan Vietnam, pelatih asal Korea Selatan itu bukan berarti tak sehebat Bima Sakti. Shin Tae-yong nyatanya berhasil membawa Timnas Indonesia bermain lagi di Piala Asia usai bertahun-tahun tak pernah mampu tampil di turnamen tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini