Share

4 Pesepak Bola Top Indonesia Berdarah Batak, Nomor 1 Andalan Persija Jakarta

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 13 Agustus 2022 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 49 2647230 4-pesepak-bola-top-indonesia-berdarah-batak-nomor-1-andalan-persija-jakarta-2GnUWhNH2W.jpg Berikut 4 pesepak bola top Indonesia berdarah Batak (Foto: Instagram/@persija)

ADA 4 pesepak bola top Indonesia berdarah Batak, yang akan diulas dalam artikel ini. Jika berbicara Indonesia, tentu Anda akan terpikir ragam suku dan budaya yang ada di Nusantara.

Ya, hal itu pun ada kaitannya dengan sepak bola Indonesia. Jika Anda biasa mengenal para pemain cepat dari Papua atau banyaknya pemain dari tanah Jawa, rasanya Anda tak boleh melewatkan pemain berdarah Batak, yang punya karier cemerlang di Indonesia.

Pemain berdarah Batak sendiri dikenal memiliki fisik yang kuat. Tak heran jika para pemain berdarah Batak ini kerap menjadi andalan dalam tim sepak bolanya.

Lantas, siapa saja pesepak bola top Indonesia berdarah Batak? Berikut 4 pesepak bola top Indonesia berdarah Batak:

4. Ferdinand Sinaga

Ferdinand Sinaga

Meski mengawali karier sepak bola di Persib Bandung, Ferdinand Sinaga ternyata masih punya darah Batak mengalir dalam tubuhnya. Ya, pemain 33 tahun ini, memiliki kelebihan kecepatan berlari dan tendangan yang keras serta terarah.

Sejauh ini, Ferdinand Sinaga sudah malang melintang di klub papan Liga Indonesia. Ia pernah membela Persib Bandung, Sriwijaya FC, Semen Padang, PSM Makassar, hingga saat ini berada di Persis Solo.

3. Saktiawan Sinaga

Saktiawan Sinaga

Berbeda dari Ferdinand Sinaga, pesepak bola satu ini lahir dan besar di Medan, Sumatera Utara. Tentunya darah Batak sangat kental dalam dirinya.

Akan tetapi, Saktiwan Sinaga tak memulai karier sepak bola profesionalnya di Medan. Ia justru sempat melancong ke PSPS Pekanbaru Riau, pada awal kariernya. Meski ia merupakan jebolan akademi PSMS Medan dulunya.

Saktiawan Sinaga sendiri saat ini diketahui sudah gantung sepatu pada 2021. Semasa aktif jadi pesepak bola, ia menjadi andalan bagi skuad Garuda. Itu terjadi di era tahun 2004-2009 bersama Bambang Pamungkas dkk.

2. Mahyadi Panggabean

Mahyadi Panggabean

Kemudian, ada Mahyadi Panggabean. Ya, pesepak bola 40 tahun ini pun diketahui sudah pensiun sebagai pemain. Saat ini ia diketahui aktif sebagai asisten manajer klub lokal PS Palembang

Semasa aktif jadi pemain, Mahyadi Panggabean dikenal sebagai legenda PSMS Medan. Ia biasa dipasang sebagai bek kiri atau gelandang sayap kiri.

Mahyadi Panggabean pun dikenal dengan gaya bermain yang lincah dan kerap melakukan duel kepada lawan. Selain membela PSMS Medan, Mahyadi Panggabean juga pernah menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

1. Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak

Pria kelahiran Pematang Siantar, 26 Januari 1992 ini, merupakan seorang pemain sayap di Persija Jakarta. Karier Riko Simanjuntak pun sangat melesat cepat. Memulai karier awal di PSMS Medan, kiprahnya mulai dilirik klub Liga Indonesia lainnya.

Singkat kata, ia pun sempat hijrah ke Semen Padang pada 2016 dari Gresik United. Tampil moncer, dua tahun berselang, Riko Simanjutntak melanjutkan kariernya ke Persija Jakarta. Ia pun bertahan sampai saat ini dan tetap diberi kepercayaan mengisi skuad utama Persija Jakarta oleh Thomas Doll.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini