Share

Rencana Pindah ke EAFF, Ketum PSSI: Perlu Diadakan Rapat Besar Sebelum Memutuskan

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Minggu 24 Juli 2022 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 24 51 2635290 rencana-pindah-ke-eaff-ketum-pssi-perlu-diadakan-rapat-besar-sebelum-memutuskan-BK72n257Th.jpg Mochamad Iriawan mengatakan perlu rapat besar untuk pindah ke EAFF. (Foto: PSSI)

KETUA Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa rencana pindah ke EAFF perlu pertimbangan matang. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu bahkan menyebut bahwa pihaknya harus menggelar rapat besar untuk mengkaji lebih dalam untung rugi pindah federasi.

Sampai saat ini, AFF masih belum merespons surat protes PSSI soal kontroversi yang dilakukan Timnas Thailand U-19 dan Timnas Vietnam U-19 di laga pamungkas penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022. PSSI bahkan mendesak AFF untuk segera merespons surat tersebut.

Mochamad Iriawan

“Belum, saya minta, mungkin minggu ini akan dibalas, saya minta cepat dijawab sehingga kita tahu apa tanggapan mereka terkait pertandingan Thailand lawan Vietnam,” kata Iriawan kepada awak media di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, dikutip pada Minggu (24/7/2022) .

Atas dasar itu, PSSI pun tampak semakin serius untuk mewujudkan rencana pindah ke EAFF. Akan tetapi, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa memutuskan untuk pindah federasi tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan bahwa pindah ke federasi sepak bola Asia Timur harus melewati musyawarah yang melibatkan banyak pihak. Bahkan, dirinya menyebut bahwa perlu diadakan rapat besar sebelum memutuskan untuk angkat kaki dari AFF.

“Kita kan harus mengkaji, menganalisa, tidak bisa secepat itu kita putuskan. Ini kan perkumpulan negara ASEAN, secara politis juga kita bersama-sama,” ujarnya.

“Jadi, sekali lagi kita harus timbang-timbang, kaji. Tentu kita harus rapat Exco besar, harus undang pakar-pakar apa yang harus kita diskusikan,” tambahnya lagi.

Mochamad Iriawan

Iriawan pun berterima kasih kepada para suporter dan warganet yang sudah menyumbangkan aspirasinya kepada PSSI. Mochamad Iriawan mengatakan bahwa PSSI berkomitmen untuk mendengarkan seluruh keluh kesah publik sepak bola Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada netizen, suporter, penggemar Timnas, dan semuanya atas kecintaan kepada Timnas, karena saat ada satu hal yang tidak pas, maka mereka mengusulkan keluar dari AFF untuk gabung Asia Timur,” tuturnya. 

“Sekali lagi terima kasih kepada suporter, netizen yang begitu atensi, begitu sayangnya kepada Timnas Indonesia kita sehingga merasa memiliki, 'oh gara-gara ini kita pindah saja', ini wajar ya untuk bisa berpendapat demikian di era demokrasi ini,” pungkas pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini