Share

Vietnam Minta Timnas Indonesia Tinggalkan AFF dan Gabung UEFA atau CONMEBOL, Ini Penyebabnya!

Ramdani Bur, Okezone · Selasa 19 Juli 2022 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 51 2632347 vietnam-minta-timnas-indonesia-tinggalkan-aff-dan-gabung-uefa-atau-conmebol-ini-penyebabnya-3m7HT9KaGx.jpg Timnas Indonesia disarankan gabung UEFA atau CONMBEBOL. (Foto: AFF)

MEDIA Vietnam, Dantri, memberitakan bahwa Timnas Thailand ketakutan jika satu grup dengan Timnas Vietnam di Piala AFF 2022. Dalam artikel yang dibuat Dantri tersebut, salah seorang pembaca mereka melontarkan pernyatan mengejutkan.

Salah satu pembaca Dantri, Phi Gioi Tinh, menyarankan Timnas Thailand dan Timnas Indonesia untuk pindah dari AFF. Tujuannya tentu untuk menghindari Vietnam yang sedang naik daun.

Timnas Thailand

(Timnas Thailand disebut takut satu grup dengan Vietnam di Piala AFF 2022)

“Thailand dan Indonesia harus cepat meninggalkan Asia untuk kemudian gabung Eropa atau Amerika Selatan. Itu merupakan satu-satunya cara untuk menyelamatkan mereka supaya tak lagi bertemu Vietnam,” tulis Phi Gioi Tinh di kolom komentar artikel yang dikeluarkan Dantri.

Lantas kenapa Phi Gioi Tinh berkata demikian? Hal itu efek pemberitaan media Vietnam, Dantri. Dantri menyebut Thailand takut satu grup dengan Vietnam di Piala AFF 2022.

Sekadar diketahui, Thailand dan Vietnam berpotensi berbeda pot saat drawing Piala AFF 2022 dilakukan pada Agustus 2022. Sekadar diketahui, penentuan pot drawing Piala AFF 2022 berdasarkan performa di Piala AFF dalam tiga edisi terkini (2016, 2018 dan 2020).

Thailand dipastikan berada di pot 1 karena keluar sebagai juara Piala AFF 2016 dan 2020. Sementara itu, Timnas Indonesia kemungkinan menjadi pendamping Thailand di pot 1. Penyebabnya karena pada edisi 2016 dan 2020, Timnas Indonesia finis sebagai runner-up.

Jika hal di atas kesampaian, otomatis Vietnam dan Malaysia berada di pot 2. Karena itu, Thailand dan Vietnam berpotensi satu grup jika mereka berbeda pot.

Bagaimana dengan Timnas Indonesia? Dalam satu minggu terakhir, sejumlah pencinta sepakbola Tanah Air mendorong PSSI untuk meninggalkan AFF dan gabung Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF).

Alhasil, akun Instagram EAFF, @EAFF_official pun “diserang” netizen Indonesia. Belum genap satu minggu, followers akun @EAFF_official yang awalnya hanya 800, kini menembus 40.000!

Timnas Indonesia

Karena itu, Phi Gioi Tinh mendorong PSSI untuk meninggalkan AFF. Dalam pandangannya, AFF takkan rugi meski ditinggalkan Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini