Share

PSM Makassar Resmi Lolos Semifinal AFC Cup 2022 Zona Asia Tenggara, Efek Hasil Viettel FC vs Hougang United

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 51 2621361 psm-makassar-resmi-lolos-semifinal-afc-cup-2022-zona-asia-tenggara-efek-hasil-viettel-fc-vs-hougang-united-sDxaBw7N1i.jpg PSM Makassar lolos ke semifinal AFC Cup 2022 Zona Asia Tenggara. (Foto: Instagram/psm_makassar)

PSM Makassar dipastikan lolos ke semifinal AFC Cup 2022 Zona Asia Tenggara. Hal itu tak terlepas dari kemenangan 5-2 yang diraih Viettel FC (Vietnam) atas Hougang United (Singapura) pada laga lanjutan Grup I AFC Cup 2022 pada Kamis (30/6/2022).

Seperti yang diketahui, PSM saat ini bertengger di peringkat pertama Grup H dengan koleksi empat poin. PSM sudah memainkan dua laga di grup tersebut dengan hasil kemenangan 3-1 atas Tampines Rovers (Singapura) dan imbang 0-0 saat melawan Kuala Lumpur City (Malaysia).

Karena di Grup H hanya ada tiga tim, PSM lantas telah memainkan semua laganya. Sementara Tampines dan Kuala Lumpur City masih perlu memainkan satu laga lagi yang akan digelar malam ini.

PSM Makassar vs Tampines Rovers

Lalu mengapa bisa PSM dinyatakan lolos padahal Grup H masih menyisakan satu pertandingan lagi yang dimainkan? Jawabannya karena PSM bisa lolos dengan dua status, yakni juara Grup H atau runner-up terbaik dari Grup G, H, dan I.

Berkat kemenangan Viettel atas Hougang United di Grup I, maka otomatis tidak ada tim lain yang menempati runner-up dari Grup G dan I yang bisa menyamai pencapai empat poin yang dimiliki PSM. Andai kata PSM tak bisa jadi juara grup, setidaknya ketika turun sebagai runner-up, mereka tetap lolos karena merupakan runner-up terbaik.

Sebagai tambahan, karena Grup H hanya ada tiga tim, maka perolehan poin penghuni terakhir dari Grup G dan I tidak akan dihitung. Jadi, karena itulah perolehan empat poin PSM tidak akan terkejar.

Ambil contoh seperti di Grup I yang sudah pasti peringkat kedua menjadi milik Hougang United dengan koleksi enam poin. Koleksi enam poin Hougang akan dikurangi tiga poin karena hasil kemenangan tim tersebut atas Young Elephants (Laos) tidak dihitung. Sebab Young Elephants berada di peringkat keempat Grup I.

PSM Makassar

Jadi, alasan itulah yang membuat hasil dari laga Viettel vs Hougang membuat PSM kini lolos ke semifinal AFC Cup 2022 Zona Asia Tenggara. PSM pun masih bisa menjadi juara Grup H andai Tampines mampu menang atas Kuala Lumpur City.

Bahkan jika Kuala Lumpur City menang pun, PSM masih bisa juara Grup H andai kemenangan klub Malaysia itu tak memiliki skor yang terlalu besar saat melawan Tampines. Seperti menang 1-0 atau 2-1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini