Share

Hitung-hitungan PSM Makassar Lolos Semifinal AFC Cup 2022 Zona Asia Tenggara: Simpel tapi Rumit!

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 51 2620835 hitung-hitungan-psm-makassar-lolos-semifinal-afc-cup-2022-zona-asia-tenggara-simpel-tapi-rumit-irVeMZHl7Q.jpg Berikut hitung-hitungan PSM Makassar lolos semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara. (Foto: Instagram/@psm_makassar)

HITUNG-hitungan PSM Makassar lolos semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara akan dibahas dalam artikel ini. Skuad asuhan Bernardo Tavares ini bisa dibilang 80 persen sudah lolos ke semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara.

Sebab, tim berjuluk Juku Eja ini mendapatkan hasil positif dalam dua laga Grup H AFC Cup 2022. Setelah menahan tuan rumah Kuala Lumpur City FC 0-0 di laga perdana, PSM Makassar menghajar Tampines Rovers 3-1!

PSM Makassar

Berhubung Grup H AFC Cup 2022 hanya berisikan tiga tim, PSM Makassar sudah melakoni seluruh pertandingan. Saat ini, PSM Makassar duduk di posisi puncak Grup H dengan koleksi empat angka.

Sementara itu, Kuala Lumpur City duduk di posisi dua dengan satu angka dan Tampines Rovers menempati posisi tiga dengan nol poin. Sesuai regulasi, hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara.

Hal itu berarti, juara Grup G, H dan I bakal lolos ke semifinal AFC Cup 2022. Lantas, siapa yang mengisi satu slot lagi? Satu slot lagi bakal dicari runner-up terbaik dari Grup G, H dan I.

Lantas, bagaimana cara PSM Makassar untuk lolos ke semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara? PSM Makassar lolos otomatis ke semifinal sebagai juara grup jika Tampines Rovers menang atas Kuala Lumpur City FC dalam laga yang berlangsung hari ini, Kamis (30/6/2022) pukul 19.00 WIB.

PSM Makassar pun masih bisa lolos sebagai juara grup asalkan Kuala Lumpur City menang tipis, semisal 1-0, 2-1 dan seterusnya. Bahkan kemenangan 2-0 Kuala Lumpur City atas Tampines Rovers masih meloloskan PSM Makassar. PSM Makassar lolos karena mencetak gol lebih banyak ketimbang Kuala Lumpur City FC, yakni tiga berbanding dua.

Lantas, bagaimana jika Kuala Lumpur City juga menang 3-1 atas Tampines Rovers? Jumlah kartu yang didapat dalam dua laga bakal dihitung. Kartu kuning bernilai satu poin, dua kartu kuning yang berujung kartu merah (tiga poin) dan kartu merah langsung (tiga poin). Tim mana yang meraih poin paling banyak, bakal tersingkir.

Kemudian, bagaimana jika Kuala Lumpur City menang dengan selisih tiga gol atas Tampines Rovers? PSM Makasar otomatis tergusur ke posisi runner-up. Melihat kondisi terkini, kontestan Grup I merupakan lawan langsung PSM Makassar untuk memperebutkan status di atas.

PSM Makassar

Hari ini, Viettel (Vietnam) dan Hougang United (Singapura) saling bertemu di matchday pamungkas Grup I AFC Cup 2022.Di dua laga awal, masing-masing tim sama-sama memenangkan pertandingan.

Alhasil, Viettel duduk di puncak dengan enam poin, mengekor Hougang United di posisi dua juga dengan enam angka. PSM Makassar bisa merebut status runner-up terbaik asalkan salah satu dari Viettel atau Hougang United memenangkan pertandingan.

Sekadar diketahui, berhubung Grup H hanya diikuti tiga tim, hasil menghadapi peringkat tim terendah di Grup G dan I tak masuk hitungan. Alhasil, koleksi poin Viettel dan Hougang United saat ini baru tiga poin, jika mengacu ke perebutan posisi runner-up terbaik.

Jika Viettel dan Hougang United bermain imbang, siapa yang lolos? PSM Makassar lolos asalkan di Grup I lain, Phnom Penh Crown menang atas Young Elephants.

Andai kondisi ini terjadi, koleksi poin Viettel dan Hougang United adalah empat angka, sama seperti PSM Makassar. Namun, PSM Makassar lebih unggul karena mempunyai selisih gol +2, berbanding +1 milik Viettel dan Hougang United.

Namun, ada satu situasi di mana PSM Makassar bisa gagal lolos. Hal itu terjadi jika di laga lain Grup I, Young Elephants menang atas Phnom Penh Crown, dan di saat bersamaan Viettel dan Hougang United bermain imbang.

Kondisi ini membuat poin PSM Makassar, Viettel dan Hougang United sama-sama empat angka. Namun, Viettel mempunyai selisih gol +4, PSM Makassar +2 dan Hougang United +2. Jika hasil laga Hougang United vs Viettel adalah 0-0, PSM Makassar dan Hougang United akan menjalani poin disiplin untuk menentukan posisi runner-up terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini