Share

4 Syarat Bali United Lolos Semifinal AFC Cup 2022 Zona Asia Tenggara, Semuanya Wajib Dipenuhi!

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 51 2620819 4-syarat-bali-united-lolos-semifinal-afc-cup-2022-zona-asia-tenggara-semuanya-wajib-dipenuhi-2XCfd8VkEv.jpg Berikut 4 syarat Bali United lolos semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara. (Foto: Instagram/@baliunitedfc)

SEBANYAK 4 syarat Bali United lolos semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara akan dibahas dalam artikel ini. Skuad asuhan Stefano Cugurra Teco dalam kondisi terjepit saat ini.

Setelah melalui dua pertandingan, Serdadu Tridatu –julukan Bali United– menempati posisi dua klasemen Grup G AFC Cup 2022 dengan tiga angka. Bali United terpaut tiga poin dari Visakha FC di puncak klasemen.

Bali United

Sementara itu dengan Kedah Arul Aman di posisi tiga, koleksi poin Bali United identik dengan mereka. Bali United berhak menempati posisi yang lebih baik karena unggul head-to-head.

Sesuai regulasi, hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara. Hal itu berarti, juara Grup G, H dan I bakal lolos ke semifinal AFC Cup 2022. Lantas, siapa yang mengisi satu slot lagi? Satu slot lagi bakal dicari runner-up terbaik dari Grup G, H dan I.

Saat ini, Bali United sudah tak mungkin lagi lolos ke semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara via jalur juara grup. Sebab, jika pun menang atas Kaya FC dan di laga lain Kedah menang atas Visakha FC, Bali United bakal kalah jika dibuatkan klasemen mini.

Karena itu, Bali United hanya bisa berharap lolos ke semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara via jalur runner-up terbaik. Lantas, bagaimana caranya?

Berikut 4 syarat Bali United lolos semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara:

4. Menang atas Kaya FC

Bali United

Menang atas Kaya FC merupakan harga mati bagi Bali United. Percuma saja jika syarat lain terpenuhi, namun skenario yang satu ini gagal dipenuhi Ilija Spasojevic dan kawan-kawan.

3. Kedah FC Menang Tipis atau Gagal Menang atas Visakha FC

Kedah Darul Aman

Kemenangan Bali United atas Kaya FC menjadi percuma jika di laga lain Kedah FC menang 2-0 atau selisih dua gol atas Visakha FC. Andai kondisi itu terjadi, Visakha FC, Bali United dan Kedah FC sama-sama mengoleksi tiga angka (tanpa menghitung hasil kontra Kaya FC).

Namun, hal yang membedakan adalah selisih gol. Visakha FC berada di puncak karena mempunyai selisih gol +1, Kedah (0) dan Bali United (-1). Karena itu, jika pun Kedah FC menang atas Visakha FC, diharapkan tidak lebih dari satu gol.

Namun, untuk mempermudah hitung-hitugan, harapannya Kedah FC gagal menang atas Visakha FC. Andai kondisi ini terjadi, Bali United otomatis finis sebagai runner-up (asalkan menang atas Kaya FC).

2. Hougang United Kalah Telak

Hougang United

Bali United bisa naik ke posisi runner-up terbaik asalkan di grup lain (Grup I), Hougang United (Singapura) tumbang dari Viettel (Vietnam) dengan selisih tiga gol dalam laga yang berlangsung hari ini.

Berhubung Grup H hanya berisikan tiga tim (PSM Makassar, Kuala Lumpur City dan Tampines Rovers), hasil kontra tim penghuni terakhir di masing-masing grup tidak masuk hitungan untuk menentukan status runner-up terbaik.

Jika kondisi di atas terjadi, posisi Bali United bakal lebih baik ketimbang Hougang United. Sebab, meski sama-sama mengoleksi tiga angka hasil laga kontra tim terendah tidak masuk hitungan), Bali United memiliki selisih gol lebih baik ketimbang Hougang United, yakni -1 berbanding -2.

1. Kuala Lumpur City Gagal Menang

Kuala Lumpur City

Kuala Lumpur City akan bersua Tampines Rovers di matchday pamungkas Grup H AFC Cup 2022, Kamis (30/6/2022) malam WIB. Harapannya, klub asal Malaysia ini gagal menang atau hanya bermain imbang kontra Tampines.

Skuad asuhan Bojan Hodak itu untuk sementara mengoleksi satu poin, hasil 0-0 kontra PSM Makassar di matchday pertama. Lantas, bagaimana jika Tampines yang menang?

Jika Tampines yang menang, diharapkan tidak lebih dari satu gol. Koleksi poin Tampines Rovers saat ini adalah 0 dengan selisih gol -2, setelah di laga pertama kalah 1-3 dari PSM Makassar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini