Share

Profil Indra Sjafri, Satu-satunya Pelatih yang Bawa Timnas Indonesia U-19 Juara Piala AFF U-19

Almas Taqiyya, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 51 2619550 profil-indra-sjafri-satu-satunya-pelatih-yang-bawa-timnas-indonesia-u-19-juara-piala-aff-u-19-ztrn12jDo1.jpg Profil Indra Sjafri. (Foto: Heru Haryono/MPI)

PIALA AFF U-19 merupakan pertandingan yang sering dibicarakan akhir-akhir ini. Perlu diketahui, Piala AFF U-19 merupakan kejuaraan sepakbola remaja yang bertaraf internasional.

Ajang pertandingan ini dilaksanakan setiap tahunnya dan dimulai pada tahun 2002. Tim yang akan bermain dalam Piala AFF U-19 merupakan tim nasional yang merupakan anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (ASEAN Football Federation atau AFF).

AFF sendiri merupakan bagian dari AFC (Asian Footbal Confederation). Selain anggota Federasi Sepak Bola ASEAN, Piala AFF U-19 juga beberapa kali mengundang negara-negara Asia lainnya untuk bertanding.

Sesuai namanya, Piala AFF U-19 menargetkan pemain yang berusia di bawah 20 tahun. Namun, AFF mengikuti AFC dan sejalan dengan konvensi FIFA, bahwa peraturan tersebut diubah sehingga umur pemain dalam pertandingan AFF diturunkan.

ndra Sjafri saat melatih Timnas Indonesia U-19

Sejumlah negara telah memenangkan trofi Piala AFF U-19, salah satunya Indonesia. Tepatnya di tahun 2013, Indonesia berhasil menyabet gelar juara setelah berhasil mengalahkan tim Vietnam. Kegembiraan Indonesia semakin bertambah karena di tahun 2013 itu Indonesia juga menjadi tuan rumah kejuaraan Piala AFF U-19.

Salah satu kunci keberhasilan sebuah tim sepakbola dalam memenangkan pertandingan adalah cara tim tersebut melatih performa. Figur yang bertanggung jawab akan hal tersebut adalah pelatih tim sepakbola.

Kemenangan Tim Nasional Indonesia di Piala AFF U-19 tahun 2013 itu tentu tak terlepas dari tangan dingin sang pelatih, Indra Sjafri. Hingga kini, dialah satu-satunya pelatih yang mampu membawa Timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19.

Indra Sjafri lahir pada 2 Februari 1963 di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Lelaki yang pernah menjadi Brand Ambassador Gala Siswa Indonesia SMP 2018 Kemdikbud RI ini menikah dengan Temi Indrayani. Dari pernikahan tersebut, keduanya dikaruniai dua orang anak, yaitu Aryandra Andaru dan Diandra Aryandari.

Sebelum menjadi pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri adalah seorang pemain sepak bola dengan posisi gelandang. Ia bermain di PSP Padang Junior selama lima tahun dari 1981 hingga 1986 untuk mengawali karier juniornya. Lalu, saat maju ke jenjang selanjutnya, Indra Sjafri membela PSP Padang selama lima tahun dari 1896 hingga 1991 untuk karier seniornya.

Usai pensiun sebagai pemain, Indra Sjafri meniti karier sebagai pelatih. Ia juga tercatat pernah menjadi karyawan di PT Pos Indonesia Padang. Akan tetapi, ia kemudian memilih untuk berhenti sebagai karyawan agar bisa fokus menjadi pelatih profesional.

Untuk membekali diri, Indra Sjafri mengikuti kursus sebagai pelatih sepakbola. Berturut-turut ia berhasil memperoleh lisensi dari AFC, dimulai dari lisensi C, B, kemudian naik ke lisensi A di tahun 1999.

Pada 2011, Indra Sjafri mulai dipercaya untuk melatih Timnas Indonesia. Ia menjadi pelatih Timnas Junior Indonesia (PSSI), yakni Timnas U-12, U-17, dan U-19 yang dijuluki Garuda Jaya. Indra Sjafri kemudian juga melatih Timnas U-23 sekaligus menjadi asisten pelatih Timnas senior.

Tahun 2015 hingga 2016, Indra Sjafri sempat menjadi pelatih di Bali United FC. Sedangkan pada Februari 2020, Indra Sjafri ditunjuk menjadi Direktur Teknik PSSI.

Timnas Indonesia U-19 saat juara Piala AFF U-19 2013 (Koran Sindo)

Nama Indra Sjafri melambung ketika ia mampu membawa tim asuhannya, Timnas U-19, merebut gelar juara pada Piala AFF U-19 tahun 2013. Pertandingan tersebut dinilai mempunyai banyak drama, salah satunya adalah drama adu penalti.

Berhadapan dengan Vietnam di final, Indonesia mampu bertahan hingga hasil imbang 0-0 di akhir permainan. Untuk menentukan siapa yang berhak menyandang gelar juara, Indonesia dan Vietnam harus melalui adu penalti.

Namun, jerih payah Timnas dan pelatihan ekstra dari Indra Sjafri, akhirnya Indonesia berhasil menumbangkan Vietnam dengan skor 7-6 dan mengantarkan mereka meraih mahkota juara pada Piala AFF U-19 2013.

Sejumlah pujian pun mengalir dari berbagai pihak, baik itu ditujukan kepada Timnas Indonesia yang telah berjuang mengharumkan Garuda Indonesia maupun kerja keras Indra Sjafri yang telah melatih Timnas U-19 hingga menorehkan sejarah manis tersebut.

Ketika mengingat waktu-waktu tersebut, tentu penggemar sepak bola berharap dapat kembali merasakan euforia kemenangan di Piala AFF U-19 mendatang di Tanah Air. Piala AFF U-19 ke-18 akan diselenggarakan pada 2-15 Juli 2022 di Jakarta dan Bekasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini