Share

5 Pemain yang Dinaturalisasi Malaysia, Nomor 1 Pernah Main di Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 51 2619240 5-pemain-yang-dinaturalisasi-malaysia-nomor-1-pernah-main-di-indonesia-JU5xF28htM.jpg Berikut 5 pemain yang dinaturalisasi Malaysia. (Foto: Twitter/@FAM)

SEBANYAK 5 pemain yang dinaturalisasi Malaysia akan dibahas dalam artikel ini. Seperti Indonesia, Malaysia juga getol melakukan naturalisasi pemain.

Tidak hanya pesepakbola keturunan, pemain asing yang sudah memenuhi syarat juga mendapat kesempatan mendapatkan Warga Negara Malaysia. Dari sekira 25 pemain yang dinaturalisasi, Okezone akan membahas lima nama di antaranya. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pemain yang dinaturalisasi Malaysia:

5. Mohamadou Sumareh

Mohamadou Sumareh

Pemain berposisi winger ini mendapatkan Warga Negara Malaysia pada 2018, setelah lima tahun tercatat berkarier di Liga Super Malaysia. Memiliki darah Afrika lebih tepatnya Gambila, membuat Mohamadou Sumareh memiliki kecepatan layaknya pemain Afrika pada umumnya.

Mohamadou Sumareh tercatat telah mengemas enam gol dari 19 penampilan bersama Timnas Malaysia. Salah satu gol Mohamadou Sumareh dicetak ke gawang Timnas Indonesia saat Malaysia menang 3-2 di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

4. La'Vere Corbin-Ong

Corbin-Ong

La'Vere Corbin-Ong merupakan fullback kiri andalan Johor Darul Ta’zim dan Timnas Malaysia. Sulit melewati pemain berdarah Kanada ini ketika La'Vere Corbin-Ong sudah mengisi area kiri pertahanan.

Pesepakbola kelahiran London ini mendapatkan Warga Negara Malaysia pada 2017. Semenjak 2018, pemain bertinggi badan 184 sentimeter ini telah mengemas 14 caps bersama skuad Harimau Malaya.

3. Dion Cools

Dion Cools

Dion Cools yang berdarah Malaysia dan Belgia, mendapatkan status Warga Negara Malaysia pada 2021. Sebelumnya, Dion Cools yang kini tercatat sebagai personel FC Midtjylland, pernah membela Timnas Belgia di sejumlah kelompok umur.

Sebelum membela Malaysia, ia tercatat mengemas 18 penampilan bersama Timnas Belgia U-21. Baru-baru ini, pemain yang biasa mentas di posisi fullback kanan membantu Malaysia lolos ke Piala Asia 2023.

2. Kiko Insa

Kiko Insa

Selanjutnya ada nama Kiko Insa. Bek asal Spanyol ini pernah merumput di Indonesia pada 2015 dan 2016 dengan berseragam Arema FC dan Bali United.

Setahun berselang atau pada 2017, Kiko Insa tiba-tiba mendapatkan status Warga Negara Malaysia. Setelah ditelusuri, ternyata pemain yang pensiun pada 2020 di usia 32 tahun ini memiliki nenek yang lahir di Kota Sabah, Malaysia. Kiko Insa tercatat mengemas enam caps bersama Timnas Malaysia sebelum akhirnya gantung sepatu.

1. Matthew Davies

Matthew Davies

Matthew Davies tercatat pernah membela Timnas Australia U-19. Ia juga tercatat membela klub Liga Australia, Perth Glory, pada 2013-2015.

Namun, pada 2015, ia memutuskan pindah ke Malaysia. Alasannya dengan hengkang ke Malaysia, ia berpotensi mendapatkan menit tampil lebih banyak. Sejak 2015, ia mendapatkan status Warga Negara Malaysia karena sang ibu berasal dari Kota Sabah, Malaysia.

Sekarang, Matthew Davies berstatus sebagai pemain Johor Darul Ta’zim. Di skuad senior, pemain yang biasa mentas di posisi fullback kanan ini mengemas 37 caps bersama Timnas Malaysia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini