Share

5 Pemain Naturalisasi yang Siap Bantu Timnas Indonesia Jadi Bintang Asia, Nomor 1 Pernah Main di Liga Spanyol

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 51 2618234 5-pemain-naturalisasi-yang-siap-bantu-timnas-indonesia-jadi-bintang-asia-nomor-1-pernah-main-di-liga-spanyol-mKZ3jZuwwo.jpg Jordi Amat dan Sandy Walsh kala berlatih bersama Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

5 pemain naturalisasi yang siap bantu Timnas Indonesia jadi bintang Asia menarik dikulik. Sebab, Timnas Indonesia memang akan melakoni sejumlah laga penting menghadapi tim-tim kuat di Asia ke depannya.

Ya, Timnas Indonesia memang sudah dipastikan lolos ke Piala Asia 2023. Di ajang itu, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- pun diharapkan bisa diperkuat sejumlah pemain keturunan yang kini masih menjalani proses naturalisasi.

BACA JUGA: 5 Negara Eropa yang Bisa Dikalahkan Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong, Nomor 2 Bersanding dengan Malaysia

Pasalnya, kehadiran pemain ini diyakini bisa membuat Timnas Indonesia jauh lebih kuat, bahkan menjadi bintang Asia. Siapa saja mereka? Berikut 5 pemain naturalisasi yang siap bantu Timnas Indonesia jadi bintang Asia.

BACA JUGA: 5 Negara Kuat yang Bisa Bikin Posisi Timnas Indonesia Melonjak di Ranking FIFA Kelar FIFA Matchday September 2022, Nomor 1 Dibantai Vietnam

5. Sandy Walsh

Sandy Walsh

Di urutan kelima, ada Sandy Walsh. Dia bisa menjadi sosok yang diandalkan Shin Tae-yong dalam memperkuat Timnas Indonesia. Sebab, Sandy Walsh punya segudang pengalaman dalam dunia sepakbola.

Kini, Sandy Walsh pun sedang membela klub asal Belgia, KV Mechelen. Sebenarnya, Sandy Walsh diharapkan bisa membela Timnas Indonesia sejak Kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, proses naturalisasinya belum rampung digelar, sehingga Shin Tae-yong harus memupus harapannya.

4. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama

Lalu, ada Shayne Pattynama. Shayne Pattynama juga punya segudang pengalaman usai berkarier di Eropa. Hal ini bisa menjadi modal ciamiknya dalam membela Timnas Indonesia hingga menjadi bintang Asia.

Shayne Pattynama sendiri kini membela Viking FK. Kehadiran bek berusia 23 tahun ini bisa membuat Indonesia makin kukuh karena dapat tampil stabil saat bertahan maupun menyerang.

3. Kai Boham

Kai Boham

Di urutan ketiga, ada Kai Boham. Bek tengah keturunan Indonesia-Belanda ini masih berusia sangat muda, yakni 18 tahun. Namun, dia sudah punya pengalaman apik dalam dunia sepakbola.

Kai Boham bergabung dengan salah satu klub Liga Belanda, Almere City FC pada 2020. Dia memulainya dari tim Almere City FC kelompok umur U-17. Kini, dia menjadi bagian skuad Almere City FC U-21.

Kai Boham sendiri kini sedang menjalani latihan bersama dengan Timnas Indonesia U-19 di Jakarta. Dia disinyalir diproyeksi membela Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-19- di Piala Dunia U-20 2023.

2. Jim Croque

Jim Croque

Lalu, ada Jim Croque. Dia juga merupakan pemain keturunan Indonesia yang masih berusia sangat muda, yakni 17 tahun. Namun, dia sudah punya bakat ciamik yang akhirnya dilirik Shin Tae-yong.

Jim Croque memulai karier sepakbolanya dengan bergabung di klub amatir, yakni Bussumse Football Club. Pada 2020, dia resmi bergabung dengan salah satu klub di Liga Belanda, Vitesse, yang bermain di tim U-18. 

Kinerjanya pun terus menunjukkan peningkatan. Jim Croque bisa mencetak 6 gol dan 3 assist dari 15 laga penampilannya. Alhasil, Vitesse U-18 pun kerap menunjuknya sebagai kapten tim. Kini, dia pun sedang menjalani latihan bersama Timnas Indonesia U-19.

1. Jordi Amat

Jordi Amat

Terakhir, ada nama Jordi Amat. Dia punya segudang pengalaman dalam dunia sepakbola. Bek berusia 30 tahun ini pernah membela Espanyol, Real Betis, hingga Swansea City. Pengalamannya bermain di Liga Spanyol dan juga Liga Inggris ini pun bisa diandalkan Shin Tae-yong.

Sama seperti Sandy Walsh, Jordi Amat juga sebenarnya diharapkan membela Timnas Indonesia sejak Kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, proses naturalisasinya masih berjalan berbarengan dengan Sandy.

Kini, pemain keturunan yang sangat mencintai Indonesia pun punya harapan bermain di Piala Asia 2023. Sebab, proses naturalisasinya diperkirakan sudah rampung digelar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini