Share

5 Negara Kuat yang Bisa Bikin Posisi Timnas Indonesia Melonjak di Ranking FIFA Kelar FIFA Matchday September 2022, Nomor 1 Dibantai Vietnam

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 51 2617961 5-negara-kuat-yang-bisa-bikin-posisi-timnas-indonesia-melonjak-di-ranking-fifa-kelar-fifa-matchday-september-2022-nomor-1-dibantai-vietnam-OtVqQrtIfp.jpg Berikut 5 negara kuat yang bisa bikin posisi Timnas Indonesia melonjak di ranking FIFA. (Foto: Instagram/@egymaulanavikri)

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meminta kepada PSSI untuk dicarikan lawan uji coba berkelas untuk skuad Garuda di FIFA Matchday September 2022. Shin Tae-yong meminta kepada PSSI dicarikan lawan yang menduduki posisi 50-100 dunia.

Selain mencari pengalaman, kemenangan atas tim-tim tersebut akan mendongkrak posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA. Sekadar diketahui, PSSI menargetkan Timnas Indonesia berada di posisi 150 ranking FIFA pada akhir 2022.

"Kami cari tim dengan peringkat 50 sampai 100 (dalam rangking FIFA)," kata Shin Tae-yong kepada wartawan yang juga dihadiri Tim MNC Portal Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.

Tentunya tim-tim yang menduduki peringkat 50-100 dunia ini memiliki kualitas mumpuni. Namun, bukan berarti Timnas Indonesia tidak bisa mengalahkan beberapa tim di antaranya. Okezone bakal menyebut beberapa tim yang berpotensi dikalahkan Timnas Indonesia.

Berikut 5 negara kuat yang bisa bikin posisi Timnas Indonesia melonjak di ranking FIFA:

5. Republik Kirgizstan (95)

Timnas Kirgizstan

Republik Kirgizstan yang kini menempati peringkat 95 dunia bisa dibilang tak memiliki kekuatan istimewa. Tahun lalu, mereka sempat kalah kalah 0-1 dari Mongolia.

Terbaru, Republik Kirgizstan memang lolos ke Piala Asia 2023 lewat status runner-up terbaik. Namun, mereka susah payah untuk menang atas Singapura (2-1) dan Myanmar (2-0). Timnas Indonesia sendiri bisa mengalahkan Singapura dan Myanmar dengan skor yang lebih telak. Timnas Indonesia menghajar Singapura 4-2 dan Myanmar 4-1 tahun lalu.

4. Luksemburg (93)

Timnas Luksemburg

Luksemburg masuk kategori tim medioker di Eropa. Negara yang berseberangan dengan Belanda ini hanya menang dua kali dari enam laga yang dijalani tahun ini.

Bahkan, tm-tim yang dikalahkan Luksemburg masuk kategori tim lemah yakni Lithuania (2-0) dan Kepulauan Faroe (1-0). Mengandalkan kecepatan pemain-pemain seperti Witan Sulaeman, Timnas Indonesia berpotensi menghukum Luksemburg.

3. Yordania (86)

Timnas Yordania

Timnas Indonesia bisa melakukan revans terhadap Yordania, setelah sebelumnya kalah 0-1 di Kualifikasi Piala Asia 2023. Di FIFA Matchday September 2022, Timnas Indonesia berpotensi diperkuat tiga pemain keturunan yakni Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama.

Kehadiran mereka membuat Timnas Indonesia diprediksi jauh lebih kuat ketimbang saat turun di Kualifikasi Piala Asia 2023. Karena itu, peluang Timnas Indonesia melakukan balas dendam sangat besar.

2. Vietnam (97)

Timnas Vietnam

Vietnam merupakan satu-satunya tim asal Asia Tenggara yang menembus peringkat 100 dunia. Sejauh ini, Shin Tae-yong belum pernah mengalahkan Vietnam racikan Park Hang-seo.

Jangankan meraih kemenangan, membobol gawang Vietnam racikan Park Hang-seo saja, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong belum mampu melakukannya. Karena itu, ini merupakan momentum Shin Tae-yong mempermalukan Vietnam.

1. China (78)

Timnas China

China memang menempati peringkat 78 dunia. Namun, skuad asuhan Li Xiaopeng tengah memasuki titik nadir. Semenjak dipegang Li Xiaopeng, China menjalani empat pertandingan.

Dari empat pertandingan itu, China hanya imbang sekali dan tiga kali kalah! Bahkan, China sempat kalah 1-3 dari Vietnam di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berlangsung pada 1 Februari 2022.

Karena itu, peluang Timnas Indonesia menumbangkan China sangat besar. Terlebih, jika Jordi Amat dan kawan-kawan sudah gabung skuad Garuda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini