Share

Respons Mengejutkan Shin Tae-yong Setelah Ada Pemain Keturunan yang Tolak Gabung Timnas Indonesia U-19

Andri Bagus Syaeful , Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 51 2617649 respons-mengejutkan-shin-tae-yong-setelah-ada-pemain-keturunan-yang-tolak-gabung-timnas-indonesia-u-19-4udJSUekGc.jpg Respons mengejutkan Shin Tae-yong setelah tahu ada pemain keturunan tolak gabung Timnas Indonesia U-19. (Foto: Instagram/@PSSI)

RESPONS mengejutkan Shin Tae-yong setelah tahu ada pemain keturunan yang menolak gabung Timnas Indonesia U-19 akan dibahas dalam artikel ini. Shin Tae-yong mengaku belum tahu secara detail soal kabar penolakan itu, sehingga menanggapinya dengan santai.

Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta jelang mengarungi Piala AFF U-19 2022 di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli 2022. Dalam TC itu ada tiga pemain keturunan asal Belanda, yakni Jim Croque, Max Christoffel, dan Kai Boham.

Timnas Indonesia U-19

Sejatinya, PSSI menyiapkan empat pemain keturunan untuk TC Timnas Indonesia U-19 kali ini, namun satu nama lain menolak untuk datang. Karena itu, Shin Tae-yong pun tidak memberikan jawaban pasti terkait satu pemain keturunan yang belum bergabung. Namun, ia optimistis pemain itu akan bisa merapat.

"Mungkin liburan dahulu nanti baru datang. Jujur belum tahu situasi seperti apa," kata Shin Tae-yong di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis 23 Juni 2022.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan satu pemain keturunanan tidak bisa merapat ke Indonesia. Hal itu karena pemain tersebut tidak memberikan sinyal positif.

"Sebetulnya ada empat, tetapi satu tidak hadir karena enggak mau," ucap pria yang biasa disapai Iwan Bule ini.

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah pemain keturunan yang dimaksud adalah Ivar Jenner? Pemain ini sempat disambangi anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, di Belanda beberapa bulan lalu.

Ivar Jenner

(Ivar Jenner tolak gabung Timnas Indonesia U-19?)

Terlepas dari itu, pemain keturunan yang t bergabung dalam TC Timnas Indonesia U-19 bukan diproyeksikan untuk Piala AFF U-19 2022. Sebab, kehadirannya hanya untuk menjawab rasa penasaran Shin Tae-yong terhadap performa sang pemain.

Jika sesuai kriteria Shin Tae-yong, PSSI akan memproses mereka untuk dinaturalisasi menjadi WNI. Bicara soal pemain keturunan, Mochamad Iriawan menilai peran mereka dibutuhkan Timnas Indonesia U-20 untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Tujuannya agar Timnas Indonesia U-20 bisa jauh lebih kuat dan siap bersaing dalam ajang yang akan dihelat di Indonesia itu. Semalam, FIFA mengumumkan Piala Dunia U-20 2023 digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

"Shin Tae-yong menyampaikan kepada kami perlu pemain naturalisasi untuk memperkuat tim di Piala Dunia U-20," tutup Mochamad Iriawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini