Share

5 Tingkah Pemain Timnas Indonesia yang Bikin Shin Tae-yong Terkejut, Nomor 1 Sampai Dijewer STY!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 51 2616947 5-tingkah-pemain-timnas-indonesia-yang-bikin-shin-tae-yong-terkejut-nomor-1-sampai-dijewer-sty-dwI2q9FCFi.jpg Berikut 5 tingkah pemain Timnas Indonesia yang bikin Shin Tae-yong terkejut. (Foto: Instagram/@shintae-yong7777)

SEBANYAK 5 tingkah pemain Timnas Indonesia yang bikin Shin Tae-yong terkejut akan dibahas dalam artikel ini. Nama Shin Tae-yong ramai diperbincangkan setelah membawa Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023.

Semenjak aktif melatih Timnas Indonesia di awal 2020, Shin Tae-yong harus beradaptasi dengan berbagai hal yang berkaitan dengan Tanah Air, terutama kebiasaan para pemain sepakbola lokal.

Terkadang, aksi para pemain Timnas Indonesia kerap membuat Shin Tae-yong kaget. Lantas, apa saja hal yang membuat Shin Tae-yong kaget?

Berikut 5 tingkah pemain Timnas Indonesia yang bikin Shin Tae-yong terkejut:

5 Sholat Lima Waktu

Sholat 5 waktu

Mayoritas pemain Timnas Indonesia memeluk agama Islam dan menjalankan ibadah sholat lima waktu. Kewajiban dalam menjalankan ibadah itu berhasil mencuri perhatian Shin Tae-yong

Alhasil, Shin Tae-yong pun membuat jadwal latihan Timnas Indonesia yang tidak mengganggu jadwal ibadah. Tentu saja, hal ini menambah kehangatan hubungan antara pemain dengan juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

4. Sujud Syukur di Lapangan

Sujud syukur Timnas Indonesia

Selain sholat lima waktu berjamaah, para pemain Timnas Indonesia juga kerap melakukan sujud syukur sebagai bentuk selebrasi usai mencetak gol. Selebrasi ini termasuk lumrah bagi orang-orang Indonesia, tetapi tidak untuk Shin Tae-yong.

Dalam lingkungan sepakbola Korea Selatan, sujud syukur tentu jarang ditemui. Meski begitu, setelah dua tahun bersama Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah terbiasa anak-anak asuhnya melakukan sujud syukur seusai mencetak gol.

3. Cium Tangan

Alfeandra Dewangga

Budaya Indonesia sejak dulu menekankan rasa hormat kepada seseorang yang lebih tua. Salah satu bentuk rasa hormat itu adalah mencium tangan. Hal ini pun dilakukan para pemain Skuad Garuda kepada Shin Tae-yong yang seakan menjadi orangtua bagi mereka di Timnas Indonesia.

Sama halnya dengan sujud syukur, cium tangan juga tidak lumrah untuk Shin Tae-yong. Sebab, di Korea Selatan memiliki cara tersendiri untuk menunjukan rasa hormat kepada orang yang lebih tua.

2 Santai Sebelum Latihan

Timnas Indonesia

Shin Tae-yong terbiasa dengan budaya sepakbola Korea Selatan yang serbacepat dan disiplin. Ia pun sedikit terkejut saat melihat para pemain Timnas Indonesia terlalu lama mempersiapkan diri saat latihan.

Shin Tae-yong pun perlahan-lahan telah mengubah kebiasaan tersebut. Kini, latihan Timnas Indonesia berjalan dengan lebih baik dan tepat waktu.

1. Pola Makan

Rifad Marasabessy

Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang tegas dalam berbagai hal, termasuk soal makanan. Sejak awal, Shin Tae-yong memiliki keinginan para pemain Timnas Indonesia menjaga konsumsi makanannya agar tubuh mereka lebih kuat dan bugar.

Karena itu, Shin Tae-yong ingin para pemain meninggalkan kebiasaan makan gorengan. Meski begitu, ia tak melarang secara total para pemain Timnas Indonesia untuk makan gorengan. Hanya saja, Shin Tae-yong ingin gorengan tak menjadi makanan pokok skuad Garuda.

Jika melanggar aturan Shin Tae-yong, siap-siap menerima malu dan sakit hati. Fullback kanan Borneo FC, Rifad Marasabessy, pernah dijewer STY –sapaan akrab Shin Tae-yong– karena melanggar aturan soal makanan ketika memperkuat Timnas Indonesia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini