Share

Piala Presiden 2022 Disarankan Tanpa Penonton Efek 2 Orang Bobotoh Meninggal Dunia di Laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 49 2613721 piala-presiden-2022-disarankan-tanpa-penonton-efek-2-orang-bobotoh-meninggal-dunia-di-laga-persib-bandung-vs-persebaya-surabaya-lmExhI74C0.jpg Kericuhan Bobotoh saat hendak memasuki GBLA menyaksikan laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya. (Foto: Tangkapan layar media sosial)

KABAR duka datang dari laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya dalam laga lanjutan Grup C Piala Presiden 2022. Dua Bobotoh -sebutan suporter Persib Bandung- dikabarkan meninggal dunia dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat 17 Juni 2022.

Kabar meninggalnya 2 Bobotoh ini sendiri muncul di media sosial. Dikabarkan, kejadian bermula dari antrean penonton yang membludak sehingga mereka harus berdesak-desakan.

Kericuhan Bobotoh di laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya. Foto: Media Sosial

Dua Bobotoh ini meninggal dunia setelah berdesak-desakan di pintu masuk Stadion GBLA. Antusias besar memang terlihat dalam laga Persib Bandung vs Persebaya Surabaya. Ada ribuan penonton yang membanjiri Stadion GBLA.

BACA JUGA: 5 Pemain Jadi Tumbal Kemenangan Persib Bandung atas Persebaya Surabaya 3-1 di Piala Presiden 2022

BACA JUGA: Persib Bandung Tekuk Persebaya Surabaya 3-1, Robert Alberts Puji Mental Para Pemain

Pengamat Hukum dan Olahraga Indonesia, Eko Maung, pun ikut angkat bicara soal peristiwa ini. Eko menjelaskan bahwa kejadian ini bisa membuat pihak panitia pelaksana (panpel) dijerat KUHP.

"Saya jawab yang kena ya panpel, dijerat pake KUHP pasal kelalaian yang menyebabkan hilangnya nyawa orang (meninggal dunia). Konstruksi pasal ini seperti kejadian di Gedung Majestik Braga, ada yang meninggal," tulis Eko Maung di Twitter, Sabtu (18/6/2022).

Beragam reaksi pun kemudian disampaikan atas peristiwa ini. Bahkan, beberapa pihak menyuarakan pandangan bahwa laga Piala Presiden 2022 disarankan digelar tanpa penonton saja.

Bobotoh

“Jadi 2 orang yang meninggah sudah pasti belum Pak Eko? Semoga cuma hoax. Kalau benar mending Persib enggak usah ada penonton saja kalau main home, biar lihat di rumah saja, suporternya masih banyak yang kampungan, sudah enggak punya tiket tapi maksa masuk,” tulis salah satu netizen di kolom komentar unggahan Eko Maung.

Gelaran Piala Presiden 2022 memang dipastikan berlangsung secara terbuka atau diperbolehkan dihadiri penonton. Keputusan ini diambil usai dalam beberapa tahun terakhir laga-laga olahraga di Indonesia harus digelar tanpa penonton, imbas pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini