Share

Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, Performa Shin Tae-yong Disorot Media Korea Selatan

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 51 2613112 loloskan-timnas-indonesia-ke-piala-asia-2023-performa-shin-tae-yong-disorot-media-korea-selatan-WQCBgt0vXE.jpg Timnas Indonesia lolos Piala Asia 2023 (Foto: Instagram/@pssi)

MEDIA Korea Selatan, Chosun menyanjung kiprah Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Hal itu menyusul keberhasilan Shin Tae-yong meloloskan skuad Garuda ke Piala Asia 2023, setelah hiatus 16 tahun lamanya dari turnamen tertinggi benua Asia tersebut.

Dalam laporannya, media Korea Selatan Chosun memuat berita mengenai kehebatan Shin Tae-yong bersama skuad Garuda. Mereka menuliskan “Shin Tae-yong, bersama generasi baru, adalah harapan Indonesia.”

Shin Tae-yong

(Berita Chosun soal Shin Tae-yong)

Masih dari laporan Chosun, mereka pun cukup terkejut dengan keberhasilan Timnas Indonesia itu. Sebab, skuad Garuda lolos ke Piala Asia sebagai salah satu tim kuda hitam. Bagaimana tidak, Timnas Indonesia berada di Grup A berisikan Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Di luar dugaan, Timnas Indonesia mampu tampil impresif. Mereka mengandaskan Kuwait 2-1 di laga perdana, meski takluk dari Yordania 0-1 di partai berikutnya. Akan tetapi, di laga pamungkas, Timnas Indonesia membekuk Nepal 7-0, yang membuat mereka memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023 dengan status runner up terbaik.

“Awalnya, pendapat yang dominan adalah Indonesia tergabung di Grup A dengan kuda hitam dari Timur Tengah, seperti Kuwait dan Yordania, dan tidak mudah untuk melaju ke final,” tulis Chosun, dilansir pada Jumat (17/6/2022).

“Namun, pelatih Shin Tae-yong secara efektif menunjukkan taktik serangan balik melawan Kuwait, yang merupakan titik balik, dan menang 2-1 dan maju ke final,” tambahnya dalam laporan.

Selain itu, Chosun juga menyoroti kiprah pelatih Korea Selatan yang mengarsiteki tim di Asia Tenggara. Adapun pelatih yang dimaksud adalah Park Hang-Seo (Vietnam), Kim Pang-gon (Malaysia), dan Shin Tae-yong (Indonesia).

Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo disorot pertama karena memperoleh pencapaian paling tinggi. Ia membawa Timnas Vietnam melaju ke Piala Asia 2023 melalui jalur Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Kemudian, Timnas Indonesia disandingkan dengan Timnas Malaysia, karena mencatat sejarah yang sama. Kedua tim kembali ke Piala Asia 2023 setelah terakhir kali pada 2007 dengan status tuan rumah bersama.

Sebagai tambahan informasi, Piala Asia 2023 akan digelar pada Juni tahun depan dengan total peserta 24 tim. Timnas Indonesia sendiri menempati pot keempat drawing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini