Share

5 Pemain Keturunan yang Bakal Jadi Andalan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023, Nomor 1 Sahabat Bomber Juventus

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 06:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 51 2613044 5-pemain-keturunan-yang-bakal-jadi-andalan-shin-tae-yong-di-piala-asia-2023-nomor-1-sahabat-bomber-juventus-hXFFow2mOG.jpg Berikut 5 pemain keturunan yang bakal jadi andalan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

SEBANYAK 5 pemain keturunan yang bakal jadi andalan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023 akan dibahas dalam artikel ini. Timnas Indonesia memastikan tiket lolos Piala Asia 2023 setelah finis runner-up di Grup A Kualifikasi.

Tampil di Piala Asia 2023 membuat Timnas Indonesia berpotensi diperkuat tiga pemain keturunan yang proses naturalisasinya hampir rampung. Hal itu disampaikan anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

"Alhamdullilah. Insya Allah Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shyne Pattynama bisa joint di Piala Asia 2023. #PSSI #Kitagaruda,” tulis Hasani di akun Instagram-nya, @hasaniabdulgani.

Selain tiga nama di atas, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dipercaya mengandalkan pemain keturunan yang lain. Lantas, siapa saja?

Berikut 5 Pemain Keturunan yang Bakal Jadi Andalan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023:

5. Elkan Baggott (Ipswich Town)

Elkan Baggott

Sulit tidak mengandalkan tenaga pemain yang satu ini. Elkan Baggott menjadi salah satu alasan kenapa Timnas Indonesia hanya kemasukan dua gol dalam tiga laga yang dijalani di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Mentas di posisi bek tengah sebelah kiri, Elkan Baggott muncul bak monster besar bagi lawan-lawannya. Menarik menanti aksi pemain keturunan Indonesia-Inggris ini saat dihadapkan bintang-bintang top Asia di Piala Asia 2023.

4. Shayne Pattynama (Viking FC)

Shayne Pattynama

Dalam pola 5-4-1 atau yang bisa berubah menjadi 3-4-3, Shin Tae-yong bakal memercayakan posisi wing back kiri kepada Shayne Pattynama. Pemain milik Viking FK ini dipercaya dapat tampil stabil, baik saat menyerang maupun bertahan.

Sejatinya Timnas Indonesia sudah mempunyai Pratama Arhan di sektor ini. Namun, Pratama Arhan beberapa kali tertinggal saat dihadapkan dengan winger lincah macam pemain Yordania, Musa Al-Tamari. Karena itu, kehadiran Shayne Pattynama yang berdarah Indonesia-Belanda dibutuhkan untuk mematikan pergerakan winger-winger lincah Asia.

3. Sandy Walsh (KV Mechelen)

Sandy Walsh

Timnas Indonesia sejatinya sudah memiliki fullback atau wing back kanan kenamaan atas nama Asnawi Mangkualam dan Rachmat Irianto. Namun, Timnas Indonesia bisa naik level jika mengandalkan pemain sekelas Sandy Walsh yang mempunyai darah Belanda-Indonesia in.

Mentas di kasta teratas Liga Belgia bersama KV Mechelen, merupakan bukti Sandy Walsh bukan pemain biasa. Ketangguhan Sandy Walsh dalam mengawal sisi kanan pertahanan, plus kemampuan menyisir area kanan penyerangan membuat Timnas Indonesia bakal tampil tangguh di Piala Asia 2023.

2. Ezra Walian (Persib Bandung)

Ezra Walian

Penyerang masih menjadi masalah utama yang dialami Timnas Indonesia saat ini. Jika Ezra Walian tampil apik di gelaran Liga 1 2022-2023, peluangnya dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia 2023 terbuka lebar.

Ezra Walian dikenal pintar membuka ruang dan tenang dalam menyelesaikan peluang. Bukan tak mungkin Ezra Walian bakal menjadi kartu AS skuad Garuda di ajang empat tahunan tersebut.

1. Jordi Amat (KAS Eupen)

Jordi Amat

Di posisi puncak ada Jordi Amat. Ketimbang pemain lain, Jordi Amat merupakan pesepakbola keturunan paling berpengalaman. Mentas sebagai bek tengah, ia pernah membela klub-klub Eropa seperti Espanyol, Rayo Vallecano, Real Betis dan Swansea City.

Sebelumnya, Jordi Amat pernah membantu Timnas Spanyol U-17 juara Piala Dunia U-17 2009. Kala itu, ia bahu membahu dengan bomber Juventus, Alvaro Morata.

Pengalaman panjang Jordi Amat diharapkan dapat membantu Timnas Indonesia mencetak sejarah di Piala Asia 2023, yakni untuk pertama kalinya lolos ke fase gugur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini