Share

Anggap PSG dan Manchester City Langgar Aturan FFP, La Liga Lapor UEFA

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 51 2612356 anggap-psg-dan-manchester-city-langgar-aturan-ffp-la-liga-lapor-uefa-lbMyKRk9C9.jpg UEFA. (Foto: Laman resmi UEFA)

MADRID – Pihak penyelenggara sepakbola Liga Spanyol, La Liga dikabarkan telah resmi melaporkan Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester City kepada Federasi Sepakbola Eropa (UEFA). Menurut pihak La Liga, Man City dan PSG telah melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Seperti diketahui bersama, PSG dan Manchester City berhasil mengalahkan klub-klub Liga Spanyol dalam perburuan pemain yang sudah ditargetkan. Sebagai contoh, PSG berhasil mempertahankan Kylian Mbappe dari godaan Real Madrid.

Sementara, Erling Haaland lebih memilih pinangan Manchester City ketimbang bergabung dengan klub Spanyol, seperti Madrid dan Barcelona. Mengutip The Athletic, La Liga secara resmi sudah mengeluarkan pernyataan mengenai keluhan itu.

PSG

Dalam pernyataan resminya, La Liga menganggap PSG dan Manchester City telah melanggar aturan FFP. Selain itu, sumber keuangan yang tidak diketahui hulunya juga menjadin dasar keluhan La Liga.

“La Liga minggu ini mengajukan keluhan ke UEFA terhadap PSG, yang akan bergabung dengan yang lain melawan Manchester City pada bulan April, untuk memahami bahwa klub-klub ini terus menerus melanggar peraturan fair play keuangan saat ini,” tulis pernyataan resmi La Liga, dikutip dari The Athletic, Kamis (16/6/2022).

“La Liga menganggap bahwa praktik ini mengubah ekosistem dan keberlanjutan sepakbola, merugikan semua klub dan liga Eropa, dan hanya berfungsi untuk menggelembungkan pasar secara artifisial, dengan uang yang tidak dihasilkan dari sepak bola itu sendiri,” sambung pernyataan itu.

“La Liga memahami bahwa pembiayaan tidak teratur dari klub-klub ini dilakukan, baik melalui suntikan uang langsung atau melalui sponsor dan kontrak lain yang tidak sesuai dengan kondisi pasar atau tidak masuk akal secara ekonomi,” lanjut pernyataan resmi itu.

“Pengaduan terhadap Manchester City sebelum UEFA dibuat pada bulan April dan minggu lalu yang terkait dengan PSG telah diajukan, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa dalam beberapa hari mendatang perpanjangan dari beberapa keluhan ini akan dilakukan dengan kontribusi pemain baru,” tutup pernyataan resmi itu.

Man City rekrut Haaland

La Liga menyampaikan keluhan itu kepada UEFA, mereka berharap Federasi Sepakbola Eropa itu bisa menyelediki lebih lanjut dugaan pelanggaran itu. Di sisi lain, menurut laporan The Athletic, PSG mengklaim sudah patuh terhadap aturan FFP.

Tentunya sangat menatik menantikan pihak mana yang akan memenangkan argument tersebut. Satu hal yang pasti, pihak La Liga memang benar-benar kesal karena pemain-pemain besar gagal bergabung ke Liga Spanyol karena PSG dan Man City.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini