Share

Dipuji Media Malaysia karena Shin Tae-yong, Begini Respons Keren Ronaldo Kwateh

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 51 2599294 dipuji-media-malaysia-karena-shin-tae-yong-begini-respons-keren-ronaldo-kwateh-KsDpWISpfF.jpg Media Malaysjia puji habis aksi Ronaldo Kwateh di SEA Games 2021. (Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar)

PELATIH Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memberi kesempatan tampil kepada Ronaldo Kwateh di ajang SEA Games 2021. Padahal, Ronaldo Kwateh baru berusia 17 tahun.

Berkat kesempatan yang diberikan Shin Tae-yong, Ronaldo Kwateh jadi bisa unjuk gigi bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Alhasil, media Malaysia seperti Makan Bola pun memuji pemain milik Madura United tersebut.

Media Malaysia

(Media Malaysia puji Ronaldo Kwateh)

“Ronaldo Kwateh membuktikan kemampuannya dengan mencetak satu-satunya gol bagi Indonesia saat melawan Malaysia di perebutan medali perunggu. Pemain 17 tahun itu terus menghantui pertahanan Malaysia lewat gerakan dan lari menarik yang ditampilkan sepanjang pertandingan,” tulis Makan Bola.

“Bermain di SEA Games merupakan pengalaman berharga bagi pemain muda ini untuk menjadi bahan peledak Timnas Indonesia di masa depan. Pemain ini bisa menjadi Ronaldo yang sebenarnya suatu hari nanti,” lanjut Makan Bola.

Ronaldo Kwateh menjadi salah satu aktor penting yang membantu Timnas Indonesia U-23 meraih medali perunggu di SEA Games 2021. Pemain keturunan Indonesia-Liberia itu menyumbang satu gol di waktu normal saat bersua Timnas Malaysia U-23.

Berkat bantuan Ronaldo Kwateh, Timnas Indonesia U-23 sanggup memaksa Malaysia bermain 1-1 di waktu normal. Hingga pada akhirnya, Timnas Indonesia U-23 menang adu penalti 4-3 atas Malaysia.

“Masih banyak kekurangan yang harus saya perbaiki. Tetapi, saya bersyukur bisa memberikan gol untuk tim. Saya tahu kemampuan saya belum maksimal. Semoga saya bisa berkembang lagi ke depannya,” kata Ronaldo Kwateh mengutip dari Youtube PSSI, Selasa (24/5/2022).

Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh menyebut sosok penting yang membantu dirinya terus berkembang. Ia menghaturkan terima kasih kepada Shin Tae-yong yang telah memberinya menit bermain, serta masukan yang berguna bagi perkembangan dirinya.

“Terima kasih juga untuk tim pelatih yang sudah memberikan saya kesempatan di usia saya yang masih sangat muda ini. Coach Shin selalu memberikan masukan, lalu taktik juga kepada striker. Kami sering latihan finishing juga,” lanjut Ronaldo Kwateh.

Shin Tae-yong kerap memberikan saran dan masukan untuk Ronaldo Kwateh. Tak jarang saran tersebut dilontarkan di hadapan awak media. Tak hanya untuk Ronaldo Kwateh, juru taktik asal Korea Selatan juga sering memberikan wejangan kepada pemain muda lainnya seperti Marselino Ferdinan.

Sebelumnya, Shin Tae-yong menyarankan agar Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan menimba ilmu ke klub luar negeri. Berkarier di luar negeri dinilai akan memberikan pengalaman yang berharga untuk meningkatkan level permainannya.

“Mereka (Ronaldo dan Marselino) akan berkembang dan mampu bersaing, tidak hanya di Vietnam dan Indonesia, tetapi juga di Jepang dan Korea Selatan, atau di mana saja, asalkan mereka bersikap profesional,” tutup Shin Tae-yong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini