Share

5 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Tampil Keren di SEA Games 2021, Nomor 1 Diprediksi Lewati Cristiano Ronaldo

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 51 2598902 5-pemain-timnas-indonesia-u-23-yang-tampil-keren-di-sea-games-2021-nomor-1-diprediksi-lewati-cristiano-ronaldo-Y5AfGj1mLe.jpg Berikut 5 pemain keren Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. (Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa)

SEBANYAK 5 pemain Timnas Indonesia U-23 yang tampil keren di SEA Games 2021 akan dibahas dalam artikel ini. Cabang olahraga SEA Games 2021 menyelesaikan semua pertandingan pada Minggu, 22 Mei 2022.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-23 merebut medali perunggu setelah menumbangkan Timnas Malaysia U-23 dengan skor 4-3 via adu penalti. Di sepanjang turnamen ini, ada sejumlah nama personel Timnas Indonesia U-23 yang tampil mencuat. Siapa saja?

Berikut 5 pemain Timnas Indonesia U-23 yang tampil keren di SEA Games 2021:

5. Ernando Ari

Ernando Ari Sutaryadi

Ernando Ari bisa dibilang pemain terbaik Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Ia menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Malaysia, setelah menggagalkan dua eksekutor penalti Harimau Muda.

Sebelumnya di fase grup, ia juga menjadi penyelamat saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Timor Leste. Laga baru berjalan dua menit, Ernando Ari sudah menggagalkan eksekutor penalti Timor Leste yang dilepaskan Mouzinho.

4. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan

Baru berusia 17 tahun, Marselino Ferdinan menunjukan pesonanya. Sepanjang turnamen, ia mengemas dua gol. Di perebutan medali perunggu, gelandang Persebaya Surabaya ini juga menunjukan perannya.

Ia rela membantu pertahanan meski berposisi asli sebagai gelandang serang. Namun, tentu puncaknya ketika Marselino melepaskan assist atas gol Ronaldo Kwateh kontra Malaysia, plus mencetak gol di adu tendangan penalti.

3. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri

Meski absen di partai pamungkas, Egy Maulana Vikri tetap keluar sebagai top skor SEA Games 2021 dengan koleksi tiga gol. Ia bersanding dengan lima nama lain yakni Muhammad Hadi Fayyadh (Malaysia), Win Naing Tun (Myanmar), Witan Sulaeman (Indonesia), Patrik Gustavsson (Thailand) dan Jovin Bedic (Filipina).

2. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam bak jimat bagi Timnas Indonesia U-23. Sebab, ketika Asnawi Mangkualam berada di lapangan, Timnas Indonesia U-23 selalu meraih kemenangan. Tepatnya kontra Timor Leste (4-1), Filipina (4-0), Myanmar (3-1) dan Malaysia (4-3).

Namun, hal sebaliknya terjadi ketika Asnawi absen. Timnas Indonesia U-23 tumbang 0-3 dari Vietnam dan dikalahkan Thailand 0-1 di semifinal SEA Games 2021.

1. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh memang lebih akrab di bangku cadangan. Namun, ketika diturunkan sebagai starter saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Malaysia, winger 17 tahun ini menunjukan kelasnya.

Media Malaysia, Makan Bola, bahkan memprediksi Ronaldo Kwateh bakal melewati level dua Ronaldo yang fenomenal yakni Ronaldo Luis (Brasil) dan Cristiano Ronaldo (Portugal).

“Ronaldo Kwateh membuktikan kemampuannya dengan mencetak satu-satunya gol bagi Indonesia saat melawan Malaysia di perebutan medali perunggu. Pemain 17 tahun itu terus menghantui pertahanan Malaysia lewat gerakan dan lari menarik yang ditampilkan sepanjang pertandingan,” tulis Makan Bola.

“Bermain di SEA Games merupakan pengalaman berharga bagi pemain muda ini untuk menjadi bahan peledak Timnas Indonesia di masa depan. Pemain ini bisa menjadi Ronaldo yang sebenarnya suatu hari nanti,” tutup Makan Bola.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini