Share

Media Malaysia Sebut Ronaldo Kwateh Bakal Lewati Level Cristiano Ronaldo, Dongkrak Prestasi Timnas Indonesia!

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 51 2598680 media-malaysia-sebut-ronaldo-kwateh-bakal-lewati-level-cristiano-ronaldo-dongkrak-prestasi-timnas-indonesia-3MTf68v6PD.jpg Media Malaysia sebut Ronaldo Kwateh bisa lampaui level Cristiano Ronaldo. (Foto: REUTERS/Chalinee Thirasupa)

MEDIA Malaysia, Makan Bola, memprediksi penyerang Timnas Indonesia U-23, Ronaldo Kwateh, bakal melewati level Cristiano Ronaldo. Makan Bola menyebut Ronaldo Kwateh suatu hari nanti berpotensi menunjukan dirinya sebagai Ronaldo yang sebenarnya, alias lebih hebat ketimbang dua Ronaldo lain yakni Ronaldo Luis (Brasil) dan Cristiano Ronaldo (Portugal).

Baru berusia 17 tahun, Ronaldo Kwateh sudah mengentak dunia persepakbolaan nasional. Penyerang keturunan Indonesia-Liberia ini tercatat menjadi andalan Timnas Indonesia U-19, plus telah memegang caps di Timnas Indonesia U-23 dan senior.

Ronaldo Kwateh

(Media Malaysia, Makan Bola, takjub dengan aksi Ronaldo Kwateh. (Foto: Makan Bola)

Ronaldo Kwateh saat ini tercatat sebagai pesepakbola termuda yang pernah mengecap penampilan bersama Timnas Indonesia senior. Ketika Timnas Indonesia menang 4-1 atas Timor Leste di FIFA Matchday Januari 2022, Ronaldo Kwateh mencetak debut dalam usia 17 tahun tiga bulan delapan hari.

Beberapa hari berselang, Ronaldo Kwateh akhirnya membuka rekening golnya bersama Timnas Indonesia. Ia mencetak satu gol saat Timnas Indonesia menang 3-0 atas Timor Leste.

Baru 17 tahun, Ronaldo Kwateh juga sudah menjadi andalan sang klub, Madura United. Di Liga 1 2021-2022, pemain yang biasa mentas sebagai winger dan penyerang tengah ini turun dalam 11 penampilan.

Singkat kata, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, pun membawa Ronaldo Kwateh ke SEA Games 2021. Setelah menjadi pemain cadangan di lima laga awal, Ronaldo Kwateh akhirnya mentas sebagai starter saat Timnas Indonesia U-23 bersua Timnas Malaysia U-23 di perebutan medali perunggu SEA Games 2021, Minggu 22 Mei 2022 sore WIB.

Kepercayaan yang diberikan Shin Tae-yong pun dibayar tuntas Ronaldo Kwateh. Ia membuka keunggulan Timnas Indonesia U-23 pada menit 68. Meski akhirnya Malaysia menyamakan kedudukan lewat Muhammad Hadi Fayyadh, skuad Garuda Muda menang 4-3 atas sang lawan via adu penalti.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong memberi kepercayaan kepada Ronaldo Kwateh)

“Ronaldo Kwateh membuktikan kemampuannya dengan mencetak satu-satunya gol bagi Indonesia saat melawan Malaysia di perebutan medali perunggu. Pemain 17 tahun itu terus menghantui pertahanan Malaysia lewat gerakan dan lari menarik yang ditampilkan sepanjang pertandingan,” tulis Makan Bola.

“Bermain di SEA Games merupakan pengalaman berharga bagi pemain muda ini untuk menjadi bahan peledak Timnas Indonesia di masa depan. Pemain ini bisa menjadi Ronaldo yang sebenarnya suatu hari nanti,” lanjut Makan Bola.

Medio tahun depan, Ronaldo Kwateh akan membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Tanah Air. Ajang ini merupakan momentum penyerang berlari kencang ini menarik minat klub-klub besar. Sebab, pemandu bakat dari klub-klub top Eropa bakal memantau langsung Ronaldo Kwateh dan pemain lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini