Share

Dikenal sebagai Raja Taktik di SEA Games 2021, Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong Bilang Begini

Tino Satrio, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 04:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 51 2594733 dikenal-sebagai-raja-taktik-di-sea-games-2021-pelatih-timnas-indonesia-u-23-shin-tae-yong-bilang-begini-WWr3qJrCgy.jpg Shin Tae-yong siap bawa Timnas Indonesia U-23 berjaya di SEA Games 2021. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

PELATIH Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, angkat bicara setelah dikenal sebagai raja taktik di SEA Games 2021. Juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan, selalu menggunakan strategi berdasarkan gaya main lawan yang dimiliki.

Secara gaya permainan, Shin Tae-yong menerapkan strategi yang berbeda saat skuad Garuda Muda bersua Timnas Filipina U-23 dan Timnas Myanmar U-23. Ketika melumat Filipina, Shin Tae-yong cenderung memainkan taktik bertahan untuk melancarkan serangan balik.

Timnas Indonesia U-23

Hal itu pun dibenarkan pelatih yang memimpin Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut. Namun, ia memiliki alasan menerapkan strategi tersebut.

Shin Tae-yong menganggap Filipina unggul dalam postur tubuh. Namun, kelincahan dan kecepatan pemain Filipina dinilai kurang untuk melakukan transisi.

Karena itu, ia memakai strategi yang cenderung bertahan untuk melancarkan serangan balik cepat. Berbeda dengan Timnas Myanmar U-23.

Skuad Garuda Muda tampil menyerang lewat permainan cepat hingga terus memberikan high pressing. Hal ini dikarenakan Myanmar memiliki kecepatan yang lebih dari Filipina.

"Taktik melawan Filipina dan Myanmar itu memang berbeda. Filipina memiliki postur tubuh bagus, tapi agility jelek. Karena itu, saya manfaatkan counter attack untuk mengeksploitasi ruang kosong," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga, Minggu (15/5/2022).

Timnas Indonesia U-23

"Saya juga menganalisa langsung Myanmar saat lawan Vietnam. Mereka menunjukan permainan yang bagus pada laga itu. Makanya, saya memberi taktik untuk pressing," tambah Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengaku akan selalu menggunakan formasi dan taktik yang berbeda. Sebab, setiap tim yang dilawan memliki karakteristik berbeda dan harus dihadapi dengan strategi tertentu.

"Tapi kami selalu menyesuaikan taktik untuk bermain, tergantung siapa lawannya," tegas pelatih 52 tahun ini.

Saat ini Timnas Indonesia U-23 sedang menunggu lawan di semifinal SEA Games 2021. Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi salah satu dari Thailand atau Malaysia di semifinal SEA Games 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini