Share

Dijuluki Dewi Sepak Bola Laos, Eks Pesepak Bola Wanita Cantik Ini Gemparkan SEA Games 2021

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2022 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 51 2592403 dijuluki-dewi-sepak-bola-laos-pesepak-bola-wanita-cantik-ini-gemparkan-sea-games-2021-yCAG0eH6iZ.jpg Madam Bo, manajer Timnas Laos yang menarik perhatian publik SEA Games 2021 (Foto: Istimewa)

DIJULUKI dewi sepak bola Laos, pesepak bola wanita cantik ini gemparkan SEA Games 2021. Ya, seperti diketahui ajang SEA Games 2021 cabang olahraga (cabor) sepak bola sudah dimulai sejak 6 Mei 2022 silam.

Namun, untuk cabor sepak bola wanita baru saja digelar pada 9 Mei 2022. Di balik perhelatan sepak bola wanita itu, ada satu hal yang bikin geger SEA Games 2021.

Madam Bo

Ya, apalagi kalau bukan sosok Pijika Bunkwang, salah satu pesepak bola wanita yang turun tangan membantu Timnas Laos di ajang SEA Games 2021. Wanita yang akrab disapa Madam Bo ini memang tidak turun langsung di lapangan.

Dirinya diketahui punya peran lain di Timans Laos. Ya, Madam Bo dipercaya sebagai manajer Timnas Laos, yang berlaga di SEA Games 2021.

Salah satu media Vietna, Kenh14.vn memuat laporan soal Madam Bo di SEA Games 2021. Bahkan, eks pesepak bola wanita cantik ini mendapat julukan sebagai Dewi Sepak Bola Laos! Tak heran, karena Madam Bo memang memiliki paras cantik dan memesona.

“Kita semua terkejut dengan kebangkitan sepak bola Laos. Ini adalah hasil reformasi komprehensif yang dilakukan federasi sepak bola Laos dan orang-orang yang terlibat di dalamnya, salah satunya adalah Pijika Bunkwang," tulis laporan media Vietnam itu.

Madam Bo sendiri sudah familiar dengan dunia sepak bola. Sebelum menjabat sebagai manajer Timnas Laos, ia merupakan pemain aktif di Liga Utama Laos. Hanya saja ia memutuskan pensiun dini.

Madam Bo

Dirinya memilih berkontribusi dengan negara sebagai manajer sepak bola putri Timnas Laos. Madam Bo sendiri disebut sebagai Indra Sjafri-nya Laos.

Pasalnya, ia tak sungkan mencari bakat pemain Laos hingga ke pelosok daerah. Salah satu pemain bertalenta yang ia temukan adalah Khampan Duangwilai, yang kini menjadi andalan Timnas putri Laos.

Ia pun diketahui membentuk klub sepak bola wanita Laos pertama, yaitu Vientiane United. Pengusaha di bidang real estate ini pun rela menggelontorkan dana besar demi kemajuan sepak bola Laos.

Seperti pada Februari 2022 silam, yang membuat Madam Bo menarik perhatian publik. Ia pernah mengeluarkan dana sebesar Rp50 juta untuk Timnas Laos sebagai bonus jika bisa kalahkan Timnas Thailand di Piala AFF U-23 2022. Selain itu, Madam Bo juga diketahui menjabat sebagai wakil presiden Federasi sepak Bola Laos untuk kaum Disabilitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini