Share

Kisah Perjalanan Karier Aliyudin Ali, Cetak Gol Banyak di Persija Jakarta tapi Melempem Bersama Persib Bandung

Tim Okezone, Okezone · Senin 02 Mei 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 02 49 2588447 kisah-perjalanan-karier-aliyudin-ali-cetak-gol-banyak-di-persija-jakarta-tapi-melempem-bersama-persib-bandung-uRiOcFsKb6.jpg Kisah perjalanan Aliyudin Ali, cetak gol banyak di Persija Jakarta tapi melempem bersama Persib Bandung (Foto: Dokumentasi MNC Portal)

KISAH perjalanan karier Aliyudin Ali, cetak gol banyak di Persija Jakarta tapi melempem di Persib Bandung, aka dibahas pada artikel satu ini. Sebagaimana diketahui, Aliyudin Ali merupakan salah satu penyerang unik yang mencuat di awal 2000-an.

Kariernya melesat cepat, bahkan dirinya tergabung ke dalam sejumlah klub papan atas Indonesia saat itu. Aliyudin Ali memulai kariernya di PS Indocement Cirebon pada 1998.

Aliyudin Ali

Kemudian, ia mulai dilirik oleh Persikabo Bogor pada 2001. Penampilannya yang impresif membuat Pelita Krakatau Steel memboyongnya pada periode 2002-2003.

Satu tahun kemudian, kariernya yang moncer membuat Persikota Tangerang terpincut oleh penyerang kelahiran Bogor, 7 Mei 1980 ini. Di Persikota ia berhasil mengoleksi banyak gol.

Diketahui selama bermain bersama Si Bayi Ajaib (julukan Persikota Tangerang), Aliyudin Ali sudah mengemas 37 gol dari 73 pertandingan. Catatan tersebut membuat tim Ibu Kota, Persija Jakarta tertartik memboyongnya.

Tepat pada 2007, Aliyudin Ali pun resmi berseragam Persija Jakarta. Ia menghabiskan waktu lima tahun di Persija Jakarta, sejak 2007-2011.

Ia dipercaya sebagai penyerang utama Macan Kemayoran, bersama Bambang Pamungkas dan Greg Nwokolo, hingga tampil 83 kali di Persija Jakarta. Dalam periode tersebut juga, Aliyudin Ali telah mengemas 35 gol bagi tim Ibu Kota.

Aliyudin Ali

(Aliyudin Ali ketika berseragam Persib Bandung)

Ia sangat senang bermain untuk Macan Kemayoran. Hal tersebut pernah ia ungkapkan dalam satu wawancara. 

"Tentunya itu jadi kenangan termanis saat saya dihargai bermain bersama Bambang Pamungkas. Hal itu membuktikan kerja sama saya dengannya (Bambang Pamungask) benar-benar diakui pada waktu itu," ucap Aliyudin.

Torehannya itu membuat rival utama Persija Jakarta, yaitu Persib Bandung tergoda mendatangkannya ke tanah Pasundan. Alhasil, pemain berpostur 165 cm itu hijrah dari Jakarta ke Bandung pada 2011.

Akan tetapi sejak kepindahannya ke Persib Bandung, Aliyudin tampak berbeda. Ya, ia dipercaya bermain 27 kali oleh Maung Bandung. Hanya saja Aliyudin yang ketika itu berusia 31 tahun, hanya bia menyumbang dua gol bagi Persib Bandung!

Dianggap tak lagi produktif, Aliyudin dibuang ke Sriwijaya FC pada 2012. Di klub yang bermarkas di Palembang itu Aliyudin bermain selama tiga tahun, sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu di usia ke-35 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini