Share

5 Fakta Sepak Bola Timor Leste yang Jarang Orang Tahu, Nomor 1 Legenda Timor Leste Pernah Bela Timnas Indonesia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 24 April 2022 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 24 51 2584423 5-fakta-sepak-bola-timor-leste-yang-jarang-orang-tahu-nomor-1-legenda-timor-leste-pernah-bela-timnas-indonesia-bMmysMzBEL.jpg Berikut 5 fakta sepak bola Timor Leste yang jarang orang tahu (Foto: Instagram/@mirobaldob)

5 fakta sepak bola Timor Leste yang jarang orang tahu, bakal dibahas Okezone. Sepak bola Timor Leste berada di bawah naungan Federasi Sepak Bola Timor Leste (FFTL) yang menjadi anggota Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC) sejak 2022 dan bergabung ke FIFA pada 12 September 2005.

Namun, Timor Leste belum mampu berprestasi di sepakbola internasional Pada tingkat Asia Tenggara, pencapaian terbaik Timor Leste adalah tampil dalam tiga edisi Piala AFF, yakni pada 2004, 2018, dan 2020.

Berikut 5 fakta sepak bola Timor Leste yang jarang orang tahu:

5. Timnas Timor Leste Debut Kompetitif pada 2004

5 fakta sepak bola Timor Leste yang jarang orang tahu

(Timnas Indonesia vs Timor Leste, foto: Istimewa)

Sepak bola Timor Leste belum berkembang pesat karena negaranya baru berdiri pada 2002 silam. Pertandingan pertama Timor Leste di level Internaisonal terjadi pada 2004. Saat itu, Timor Leste kalah 2-3 dari Sri Lanka.

Kompetisi Internasional teranyar yang diikuti Timor Leste adalah Piala AFF 2020. Timor Leste pun tidak dapat berbicara banyak karena gugur di fase grup.

4. Sepak Bola Timor Leste Kerja Sama dengan Klub-Klub Portugal

5 fakta sepak bola Timor Leste yang jarang orang tahu

(Timnas Indonesia vs Timor Leste, foto: PSSI)

Patut diketahui, sejumlah klub Timor Leste memiliki nama yang hampir mirip dengan tim-tim dari Portugal. Ambil contoh, FC Porto Taibesi, FC Sporting De Timor, atau FC Sport Dili Benfica. Nama-nama klub itu mirip dengan tim-tim Portugal, seperti FC Porto, Sporting Lisbon, dan Benfica.

Sebab, klub-klub Timor Leste tersebut memang bekerja sama dengan tim-tim Portugal. Jika ada pemain bertalenta Timor Leste di klub-klub yang menjalin kerja sama, mereka akan dikirim ke tim-tim Portugal tersebut untuk berlatih.

Selain Portugal, Brasil juga menjalin kerja sama dengan sepak bola Timor Leste. Kerja sama itu menitikberatkan pada peningkatan kualitas pelatih-pelatih Timor Leste yang menangani tim-tim lokal.

3. Timnas Timor Leste Baru Menang setelah 10 Tahun Gabung AFC

5 fakta sepak bola Timor Leste yang jarang orang tahu

(Timnas Indonesia vs Timor Leste, foto: PSSI)

Setelah bergabung ke AFC pada 2022 silam, Timor Leste tidak serta-merta tampil apik. Dalam pertandingan internasional, The Rising Sun harus menderita terlebih dulu.

Selang 10 tahun usai gabung dengan AFC, Timor Leste baru mendapatkan kemenangan perdananya. Pada 2012, Timor Leste menang 5-1 atas Kamboja.

2. Baru Punya Liga Profesional pada 2016

5 fakta sepak bola Timor Leste yang jarang orang tahu

(Timnas Timor Leste di Piala AFF 2020, Foto: AFF Suzuki Cup)

Timor Leste baru memiliki kompetisi profesional pada 2016 saat Liga Futebol Amedora berdiri. Sebelum kompetisi dimulai, 21 tim menjalani kualifikasi untuk menentukan tim-tim yang akan tampil di kasta utama dan kedua.

Hasil kualifikasi itu menelurkan delapan tim yang akan berkompetisi di kasta utama mulai 25 Februari hingga 24 Juli 2016. Sementara itu, 12 tim lainnya bersaing di kasta kedua pada 8 Maret hingga 28 Juni 2016.

1. Timor Leste Punya Legenda yang Pernah Bela Timnas Indonesia

5 fakta sepak bola Timor Leste yang jarang orang tahu

(Miro Baldo Bento, foto: Instagram/@mirobaldob)

Miro Baldo Bento merupakan legenda yang dihormati di Timor Leste. Uniknya, Baldo pernah membela Timnas Indonesia. Dia bahkan menjadi top skor Timnas Indonesia di Piala AFF 1998 (saat itu bernama Piala Tiger).

Namun, dia akhirnya memilih membela Timor Leste. Itu wajar karena pria satu ini lahir di Dili, Portuguese Timor, 4 Juni 1975 silam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini