Share

4 Tokoh Top Dunia yang Optimis dengan Sepak Bola Indonesia, Nomor 1 Legenda Sepak Bola Italia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 23 April 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 51 2584090 4-tokoh-top-dunia-yang-optimis-dengan-sepak-bola-indonesia-nomor-1-legenda-sepak-bola-italia-RwqP0bGpvJ.jpg 4 tokoh top dunia yang optimis dengan sepak bola Indonesia (Foto: Juventus)

SEBANYAK 4 tokoh top dunia yang optimis dengan sepak bola Indonesia akan dibahas oleh tim OKEZONE di artikel ini. Ya, rasa optimis itu terbangun karena tidak terlepas dari perkembangan yang diperlihatkan oleh sepak bola Indonesia.

Sejumlah nama pesepak bola Indonesia mulai bisa bersaing di dunia. Sebut saja seperti Egy Maulana Vikri atau Witan Sulaeman. Keduanya kini bermain untuk klub Eropa, FK Senica. Selain itu, pemain keturunan Indonesia juga punya potensi lebih.

Salah satunya Elkan Baggott. Bek muda 19 tahun itu kini membela Ipswich Town dan bermain di klub divisi dua Liga Inggris. Sebab demikian, sejumlah tokoh top dunia pun optimis sepak bola Indonesia bisa lebih maju.

Lantas siapa saja tokoh top dunia itu? Berikut 4 tokoh top dunia yang optimis dengan sepak bola Indonesia:

4. Gianni Infantino

Gianni Infantino

Di saat banyak masyarakat Indonesia yang tidak puas dengan kondisi persepakbolaan Indonesia, pujian justru datang dari dunia internasional. Tidak tanggung-tanggung, sanjungan itu datang dari Presiden Federasi Sepak Bola Intenasional (FIFA), Gianni Infantino.

Ia menilai kalau penerapan program pengembangan sepak bola di Indonesia sudah sangat baik. Selain tu, FIFA juga sempat memuji persiapan Piala Dunia U-20 2023.

3. Sven-Goran Eriksson

Sven-Goran Eriksson

Kemudian ada mantan pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson. Pria berkebangsaan Swedia itu memuji kekuatan Timnas Indonesia. Hal itu ia sempat lontarkan ketika dirinya menjadi arsitek Timnas Filipina pada 2018.

Ketika itu Timnas Filipina berjumpa Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2018. Pria 74 tahun itu meyakini sepak bola Indonesia bakal maju.

“Saya rasa di Indonesia ada banyak pemain bagus. Jadi siapa pun pelatihnya, pasti akan bagus juga timnya,” kata Sven-Goran Eriksson ketika itu.

2. Luis Milla

Luis Milla

Selanjutnya ada eks pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla. Pria 56 tahun itu senang dengan potensi pemain sepak bola Indonesia. Terlebih ia sudah pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia senior maupun Timnas Indonesia U-23 periode 2017-2018.

Meski dianggap hebat, masih ada sejumlah hal yang harus disempurnakan dari talenta itu. Salah satu yang paling krusial menurutnya adalah masalah kontrol dan passing.

1. Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero

Di urutan pertama ada legenda sepak bola Italia. Ya, siapa lagi kalau bukan Alessandro Del Piero. Eks penggawa Juventus itu sangat senang melihat kultur sepak bola Indonesia.

Bukan hanya dari sisi permainan saja, pria 47 tahun itu juga menyoroti dari pendukung Timnas Indonesia. Baginya suporter Timnas Indonesia begitu loyal. Hal itu seperti yang ia rasakan di Italia. Sebab demikian, suporter diyakini bisa memicu semangat para pemain ketika membela Merah-Putih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini