Share

Resmi Terdegradasi ke Liga 2, Persipura Jayapura Pernah Lolos ke Semifinal Piala AFC 2014

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 49 2571138 resmi-terdegradasi-ke-liga-2-persipura-jayapura-pernah-lolos-ke-semifinal-piala-afc-2014-Hl3xd3pVB1.jpg Persipura Jayapura pernah mencapai babak semifinal Piala AFC 2014. (Foto: ANTARA)

PERSIPURA Jayapura telah resmi terdegradasi ke Liga 2. Hal itu lantaran Persipura Jayapura mengakhiri Liga 1 2021-2022 dengan berada di urutan ke-16 atau posisi terakhir dari zona degradasi.

Tentu Liga 1 pada musim depan akan terasa berbeda tanpa kehadiran klub berjuluk Mutiara Hitam tersebut. Apalagi mengingat sejak era Liga Indonesia pada 1994, Persipura selalu tampil di kasta tertinggi sepakbola Tanah Air.

Persipura tak dapat dipungkiri adalah salah satu tim besar tersukses di Indonesia. Terbukti dengan pencapaian mereka meraih empat kali juara sejak era Liga Indonesia, tepatnya pada musim 2005, 2008-2009, 2010-2011, dan 2013.

Tak hanya di kompetisi lokal, tapi di turnamen level Asia pun Persipura sangatlah luar biasa. Bila diingat, pencapaian terbaik Persipura di turnamen internasional adalah sanggup lolos hingga ke babak semifinal Piala AFC 2014.

Persita Tangerang vs Persipura Jayapura (Instagram/liga1match)

Bagi Indonesia itu adalah sejarah baru, karena akhirnya ada klub Tanah Air yang mampu bermain di babak semifinal Piala AFC 2014. Semua itu membuktikan bahwa Persipura benar-benar tim yang memiliki banyak prestasi sebelum akhirnya kini justru terpuruk hingga turun kasta ke Liga 2.

Bila mengingat kejadian Piala AFC 2014 itu, Persipura awalnya tidak diprediksi bisa melaju sampai ke babak semifinal. Namun, nyatanya Persipura dan satu wakil Indonesia lainnya, yakni Arema Cronus kala itu justru mampu memberikan kejutan dengan lolos dari fase grup.

Hebatnya Persipura lolos ke babak 16 besar Piala AFC 2014 dengan status juara Grup E, yang mana berisikan Home United (Singapura), New Radiant (Maladewa), dan Churchill Brothers (India). Sementara Arema Cronus kala itu lolos dengan status runner-up.

Singkat cerita, Arema tumbang di babak 16 besar usai dikalahkan wakil Hong Kong, Kitchee 0-2. Sementara Persipura justru melaju ke perempatfinal usai membantai Yangon United dari Myanmar dengan skor telak 9-2!

Pada babak perempatfinal, Persipura dihadapkan lawan berat, Al-Kuwait (Kuwait) yang berstatus pernah dua kali juara Piala AFC. Kehebatan Al-Kuwait lantas terlihat di leg pertama dengan mampu mengalahkan Mutiara Hitam 3-2.

Kendati demikian, Persipura mengamuk saat bermain di leg kedua yang berlangsung di Stadion Mandala. Bermain di hadapan pendukung sendiri, Persipura menang 6-1 dan lolos ke semifinal.

Persipura Jayapura (ANTARA)

Pada babak semifinal Piala AFC 2014, Persipura lagi-lagi bertemu lawan berat, yakni Al-Qadsia yang juga berasal dari Kuwait. Di babak empat besar itu, kesaktian Persipura menghilang.

Pada leg pertama di kandang Al-Qadsia, Persipura tumbang 2-4. Lalu di leg kedua ketika tampil di Stadion Mandala, Persipura hancur 0-6. Pada akhirnya, Al-Qadsia pun keluar sebagai juara di Piala AFC 2014.

Sampai saat ini, belum ada klub Indonesia yang mampu menyamai rekor Persipura menembus semifinal Piala AFC. Karena itulah terdegradasinya Persipura ke Liga 2 pada musim depan menjadi sebuah kabar yang menyedihkan untuk sepakbola Tanah Air lantaran salah satu tim besar kini justru terpuruk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini