Share

Hasil Persija Jakarta vs PSS Sleman di Liga 1 2021-2022: Kalahkan Macan Kemayoran, Super Elang Jawa Terbebas dari Degradasi

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 49 2571110 hasil-persija-jakarta-vs-pss-sleman-di-liga-1-2021-2022-kalahkan-macan-kemayoran-super-elang-jawa-terbebas-dari-degradasi-MKXLPq1c6p.jpg Persija Jakarta vs PSS Sleman. (Foto: Instagram/liga1match)

NGURAH RAI – PSS Sleman memastikan diri terbebas dari degradasi usai menghabisi Persija Jakarta 2-0 di laga pamungkas Liga 1 2021-2022 pada Kamis (31/1/2022) sore WIB. Berkat tiga poin dari laga itu, PSS lantas naik ke peringkat 13 dengan koleksi 39 poin.

Dua gol PSS pun diciptakan oleh Dave Mustaine di menit keempat. Lalu satu tambahan gol disumbangkan Kim Kurniawan lewat golnya di menit 82.

Dengan kemenangan ini, PSS dipastikan masih bertahan di kasta tertinggi liga Indonesia untuk musim depan. Hal itu terlihat dari dua laga lainnya yakni Persipura Jayapura vs Persita Tangerang dan Barito Putera vs Persib Bandung.

Laga Barito Putera berakhir imbang 1-1 sementara Persipura menang 3-0. Meskipun menang, Persipura dipastikan turun kasta karena berakhir di posisi ke-16 dan tidak bisa melewati Barito di atasnya. Sementara PSS Sleman kini berada di posisi 13 dengan 39 poin.

Persija Jakarta vs PSS Sleman (Instagram/liga1match)

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di Stadion Ngurah Rai, Denpasar, terlihat PSS Sleman sangat berambisi untuk memenangkan laga ini. Mereka langsung melancarkan serangan agresif hingga menusuk kotak penalti lawan.

Hal itu membuat pertahanan Persija panik sehingga harus melakukan pelanggaran yang tak perlu di kotak penalti. Wasit pun menunjuk titik putih dan PSS mendapat hadiah penalti di menit ke-4.

Dave Mustaine yang dipercaya menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Akhirnya gol pembuka bagi PSS membuat skor menjadi 1-0.

PSS kembali bisa melancarkan serangan balik yang berbahaya. Salah satunya momen Wander Luiz yang menendang dari tengah lapangan melihat Adixi yang sudah terlalu maju. Sayang bola masih melebar.

Wander Luiz kembali mengancam memanfaatkan umpan lambung lini tengah. Saat tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Adixi, saying bola tendangannya masih melambung tinggi.

Persija melakukan perlawanan terutama dari sisi Riko Simanjuntak. Namun ketika bola diarahkan ke kotak penalti selalu termentahkan. Skor 1-0 masih bertahan.

Babak Kedua

Persija Jakarta vs PSS Sleman (Instagram/liga1match)

Di babak kedua giliran Persija yang mencoba agresif sejak menit awal. Dony Tri Pamungkas berkali-kali melakukan tendangan ke gawang tapi masih bisa diblok pemain belakang PSS Sleman.

Memasuki pertengahan babak, PSS Sleman mencoba bangkit lebih baik lagi. Sampai-sampai tendangan mengarah ke gawang pertama diciptakan Mario Maslac pada menit 52.

PSS lebih efektif dalam merangkai serangannya. Beberapa menit kemudian giliran Riki Dwi Saputro yang menciptakan tendangan tepat mengarah ke mulut gawang Adixi.

Menjelang 10 menit terakhir laga, Persija Jakarta mulai mengurung pertahanan PSS. Upaya mereka kebanyakan berawal dari sisi sayap namun kerap tidak efektif.

Persija justru kembali kebobolan di menit ke-81. Berawal dari lemparan kedalam yang jauh Aaron Evans tidak bisa diantisipasi pertahanan Persija, dan Kim Kurniawan menyambarnya melalui sundulan. Skor menjadi 2-0.

Susunan Pemain Persija Jakarta vs PSS Sleman:

PERSIJA XI (4-3-3): Adixi Lenzivio; I. R. Fahmi, Tony Sucipto, Maman Abdurrahman, R. Widiansyah; Syahrian Abimanyu, I. Kurniawan, Braif Fatari; Riko Simanjuntak, R. Mursalim, D. Pamungkas

Pelatih: Sudirman

PSS XI (4-3-3): Miswar Saputra; B. Nirwanto, A. Evans, M. Maslac, D. Rachman; Kim Kurniawan, D. Mustaine, K. Helmiawan; R. Dwi Saputro, Wander Luiz, I.Z. Mila

Pelatih: I Putu Gede

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini