Share

Resmi Dicoret oleh FIFA, Federasi Sepakbola Rusia Ajukan Banding ke Pengadilan Olahraga Internasional

Cikal Bintang, MNC Portal · Rabu 09 Maret 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 51 2558815 resmi-dicoret-oleh-fifa-federasi-sepakbola-rusia-ajukan-banding-ke-pengadilan-olahraga-internasional-nfvJ3n2892.jpg Federasi Sepakbola Rusia mengajukan banding ke Pengadilan Olahraga Internasional (Foto: Reuters)

FEDERASI Sepakbola Rusia (RFU) resmi ajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Tindakan itu diambil RFU, menyusul dicoretnya keanggotan RFU dari Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Keputusan yang diambil FIFA juga punya alasan kuat, yaitu dampak invasi militer yang dilakukan negara Vladimir Putin itu ke Ukraina. Tak hanya FIFA, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) pun mengambil tindakan tegas, dengan melarang seluruh klub Rusia berkompetisi di benua biru.

Timnas Rusia

Dengan dicoretnya Timnas Rusia, otomatis negeri berunag merah tidak bisa lagi berkompetisi di Piala Dunia 2022. Hal itu juga berlaku bagi Spartak Moskow yang dicoret keikutsertaannya dari Liga Eropa 2021-2022.

Karena merasa dirugikan, RFU langsung mengajukan banding ke CAS, untuk tindak lanjut keputusan FIFA dan UEFA. Menurut RFU, FIFA dan UEFA tidak memiliki dasar hukum untuk menghukum Timnas Rusia serta klubnya dari kompetisi Internasional.

"RFU percaya bahwa FIFA dan UEFA tidak memiliki dasar hukum ketika memutuskan penghapusan tim Rusia. Itu melanggar hak dasar RFU sebagai anggota FIFA dan UEFA, termasuk hak untuk ambil bagian dalam kompetisi,” tulis RFU dalam pernyataan resminya, dilansir dari Inside The Games, Rabu (9/3/2022).

Setelah pengajuan banding resmi diterima, RFU langsung menekan CAS untuk mempercepat proses persidangan. RFU pun meminta FIFA dan UEFA mempertimbangkan keputusan mereka sembari menunggu hasil sidang yang tengah dilakukan oleh CAS.

"Untuk memastikan kemungkinan partisipasi tim Rusia dalam pertandingan yang dijadwalkan berikutnya, RFU akan menuntut prosedur yang dipercepat untuk mempertimbangkan kasus ini," bunyi pernyataan RFU.

CAS akhirnya mengamini permintaan RFU. Akan tetapi belum ada pernyataan resmi dari FIFA maupun UEFA mengenai banding ini. Saat ini, mereka tengah memproses kasus itu.

Piala Dunia 2022

"Dalam bandingnya, RFU meminta CAS untuk mengesampingkan keputusan yang ditantang dan mengembalikan semua tim dan klub Rusia untuk berpartisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA,” bunyi pernyataan resmi CAS.

"Kantor Pengadilan CAS telah memulai dua prosedur arbitrase terpisah dan, sesuai dengan Kode Arbitrase terkait Olahraga, akan mencari posisi pihak tergugat sehubungan dengan permintaan RFU untuk menunda pelaksanaan Keputusan yang Ditantang dan mengenai organisasi dan perencanaan setiap prosedur arbitrase,” sambung pernyataan CAS.

Di sisi lain belum lama ini FIFA juga menyatakan resmi menunda laga Skotlandia vs Ukraina di kualifikasi Piala Dunia 2022, yang seharusnya berlaga pada Jumat 25 Maret 2022. Keputusan itu diambil dengan menimbang kondisi Ukraina yang masih dalam invasi militer Rusia. Bukan hanya itu, FIFA juga mendepak Timnas Rusia dari kualifikasi Piala Dunia 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini