Share

5 Pesepakbola Bintang yang Dijual ke Klub Rival, Nomor 1 Raih 2 Trofi Pemain Terbaik Dunia

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 51 2545703 5-pesepakbola-bintang-yang-dijual-ke-klub-rival-nomor-1-raih-2-trofi-pemain-terbaik-dunia-8zutRzMNcC.jpg Robert Lewandowski kala membela Bayern Munich. (Foto: Reuters)

5 pesepakbola bintang yang dijual ke klub rival menarik untuk dikulik. Sebab, ada sejumlah perpindahan pemain yang tak disangka-sangka terjadi dalam beberapa bursa transfer belakangan ini.

Ya, kejutan memang kerap hadir setiap pembukaan bursa transfer. Pada musim panas 2021, publik dikejutkan dengan perpindahan Lionel Messi dari Barcelona ke PSG dan Cristiano Ronaldo Juventus ke Manchester United.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Perpindahan tak melulu terjadi ke liga berbeda. Ada yang bahkan rela menjual pemainnya ke klub rival di liga domestik yang sama. Siapa saja? Berikut 5 pesepakbola bintang yang dijual ke klub rival, sebagaimana dikutip dari Sportskeeda.

BACA JUGA: Jika Dapat Tawaran dari Real Madrid atau Barcelona, Sadio Mane Bakal Pergi dari Liverpool

BACA JUGA: Dituduh Jadi Alasan Pierre-Emerick Aubameyang Pergi dari Arsenal, Mikel Arteta Akhirnya Buka Suara

5. David Luiz

David Luiz

Di urutan kelima, ada nama David Luiz. Bek asal Brasil itu menjalani dua periode di Chelsea, yakni pada 2011-2014 dan 2016-2019. Pada periode pertama dia bergabung ke Chelsea, itu terjadi setelah dirinya hijrah dari Benfica.

Sementara itu, tugas keduanya di Chelsea dilakukan setelah ia kembali dari Paris Saint-Germain. Pada periode keduanya dengan raksasa Liga Premier, David Luiz melakukan transfer mengejutkan untuk bergabung ke klub rival di London, yakni Arsenal.

David Luiz menghabiskan dua tahun di Stadion Emirates sebelum meninggalkan London. Dia akhirnya bergabung dengan Flamengo di negara asalnya. Selama berada di Inggris, dia membuat 213 penampilan di Liga Premier, dengan 160 di antaranya datang untuk Chelsea dan 53 untuk The Gunners.

4. Robin van Persie

Robin van Persie

Berikutnya, ada nama Robin van Persie. Dia bergabung dengan Arsenal dari Feyenoord pada musim panas 2004. Striker tersebut menjadi favorit para penggemar di Emirates Stadium dengan mengantongi 132 gol dan 58 assist dalam 278 penampilan di semua kompetisi.

Pelatih asal Belanda itu kemudian secara mengejutkan pindah ke klub rival pada musim panas 2012. Dia bergabung dengan Manchester United dalam kesepakatan senilai 24 juta poundsterling. Dia menikmati mantra luar biasa lainnya di Old Trafford, membantu tim meraih gelar Liga Inggris pada 2012-2013.

3. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo

Kemudian, ada nama Andrea Pirlo. Pesepakbola asal Italia ini adalah contoh hebat lainnya dari pemain top yang menyelesaikan transfer ke tim rival dalam sepakbola. Transfer tersebut terjadi pada musim panas 2011, ketika dia memutuskan hubungan dengan AC Milan untuk bergabung dengan Juventus dengan bebas transfer.

Sejak Andrea Pirlo pindah ke Juventus pada 2011, dia memenangkan Liga Italia setiap tahun. Sebelum pindah, gelandang legendaris itu telah menghabiskan 10 tahun di San Siro, di mana ia membuat 401 penampilan dengan mengantongi 41 gol dan 70 assist.

Menurut rumor, Pirlo diizinkan pergi karena klub percaya dia sudah melewati masa jayanya. Menariknya, Pirlo juga pernah mewakili rival lokal AC Milan, Inter Milan, pada 1998-2001. Rossoneri tentu menyayangkan melepas Pirlo.

2. Luis Figo

Luis Figo

Di urutan kedua, ada nama Luis Figo. Dia pindah dari Barcelona ke Real Madrid sehingga melahirkan beberapa kontroversi. Hal itu terjadi pada musim panas 2000.

Barcelona menentang penjualan pemain Portugal itu, tetapi Los Blancos memutuskan untuk menebusnya dengan klausul senilai 60 juta euro. Kesepakatan itu meningkatkan kepahitan persaingan antara kedua klub dan beberapa episode kontroversial menyusul.

Figo mengantongi 56 gol dan 93 assist untuk Los Blancos dalam 245 penampilan sebelum berangkat ke Inter Milan dengan status bebas transfer pada 2005. Rekornya bersama Barcelona, ​​sementara itu, mencapai 45 gol dan 58 assist dalam 248 pertandingan.

1. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski

Terakhir, ada nama Robert Lewandowski. Dia juga melakukan perpindahan mengejutkan karena bergaung ke klub rival. Diketahui, Robert Lewandowski kini membela Bayern Munich.

Namun, pemain asal Polandia itu datang ke Bayern usai mengabdi di klub saingan berat mereka, yakni Borussia Dortmund. Periode bermain Lewandowski di sana, terjadi pada 2010 hingga 2014.

Waktu Lewandowski di Signal Iduna Park terbukti cukup mengesankan karena memenangkan dua gelar Bundesliga, satu Piala Jerman, dan satu Piala Super Jerman. Dia juga mengantongi 103 gol dan 42 assist yang luar biasa dalam 187 penampilan.

Meski demikian, keputusannya meninggalkan Dortmund untuk bergabung dengan Bayern Munich terbukti menjadi sebuah langkah maju. Dia membuktikan diri sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Bahkan, Lewandowski menyabet banyak trofi individu, seperti Pemain Terbaik FIFA sebanyak dua kali.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini