Share

Tak Takut, Shin Tae-yong Justru Senang Timnas Malaysia Tunjuk Kim Pan-gon sebagai Pelatih

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 51 2536895 tak-takut-shin-tae-yong-justru-senang-timnas-malaysia-tunjuk-kim-pan-gon-sebagai-pelatih-wrdBAlPTcD.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

BALI - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong ikut senang dengan keputusan yang diambil Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) karena memilih Kim Pan-gon sebagai pelatih. Ia merasa tak takut atau tersaingi karena menurutnya Kim Pan-gon bisa memberikan hal-hal baik untuk sepakbola di Asia Tenggara.

Untuk yang belum tahu, Kim Pan-gon sama seperti Shin Tae-yong yang berasal dari Korea Selatan (Korsel). Bahkan Kim Pan-gon pernah menjadi salah satu atasan Shin Tae-yong saat ia masih menjadi pelatih Timns Korsel

Sebelum diangkat menjadi juru taktik Timnas Malaysia, Kim Pan-gon pernah menjabat sebagai Komite Pemilihan Pelatih Asosiasi sepak bola Korea Selatan (KFA) pada 2017 silam. Kim Pan-gon merupakan salah satu orang yang bertanggung jawab atas Shin Tae-yong dari kursi kepelatihan Timnas Korea Selatan.

Baca Juga: Bukan Ikut-ikutan Indonesia, FAM Beberkan Alasan Tunjuk Pelatih asal Korea Selatan untuk Pimpin Timnas Malaysia

Kim Pan-gon (FAM)

Kim Pan-gon bekerja sama dengan Shin Tae-yong sejak 2017 hingga Piala Dunia 2018 di Rusia. Oleh sebab itu, keduanya saling kenal satu sama lain.

Meski pernah ditendang usai gelaran Piala Dunia 2018, Shin Tae-yong tetap menghormati sosok Kim Pan-gon. Menurutnya, Kim Pan-gon adalah sosok tepat untuk mengembangkan Timnas Malaysia ke arah yang lebih baik.

Shin Tae-yong menilai bahwa Kim Pan-gon sangat merepresentasikan sifat orang Korea Selatan. Menurutnya, Kim Pan-gon adalah sosok berpengalaman yang bisa menularkan mental baja kepada punggawa Harimau Malaya.

“Saya menyukainya (langkah FAM tunjuk Kim Pan-gon). Dia (Kim Pan-gon) bisa menularkan mental tekun dan ketabahan yang menjadi ciri khas orang Korea Selatan, ke pemain Asia Tenggara,” kata Shin Tae-yong dilansir Joongang, Senin (24/1/2022).

Dengan ditunjuknya Kim Pan-gon, praktis sepak bola Asia Tenggara akan ramai disesaki pelatih asal Korea Selatan. Sebelumnya, Timnas Vietnam sudah lebih dulu menunjuk Park Hang-seo sebagai juru latih.

Shin Tae-yong, Kim Pan-gon dan Park Hang-seo berkesempatan saling beradu taktik pada gelaran Piala AFF 2022. Pertemuan mereka akan menarik sebab ketiganya merupakan sosok berpengalaman dan memiliki CV mentereng sebagai sosok berpengaruh di sepak bola Asia.

Terpilihnya Kim Pan-gon juga akan memanaskan duel Malaysia vs Timnas Indonesia. Sebab kini kedua pelatih juga memiliki persaingan sendiri untuk dinilai siapa pelatih asal Korea Selatan terhebat dia antara mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini