Share

3 Pemain Keturunan Indonesia yang Pernah Gebrak Liga Spanyol, Nomor 1 Segera Bela Timnas Indonesia

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 51 2533599 3-pemain-keturunan-indonesia-yang-pernah-gebrak-liga-spanyol-nomor-1-segera-bela-timnas-indonesia-KirrpCl10A.jpg Jordi Amat bersama neneknya yang berasal dari Sulawesi Selatan. (Foto: Instagram/jordiamat5)

PSSI saat ini sedang mencoba memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia dengan cara melakukan naturalisasi pemain yang memiliki darah Indonesia. Hal itu dilakukan karena sejatinya ada banyak pemain keturunan yang memiliki talenta hebat dan bahkan berpengalaman bermain di sepakbola Eropa.

Dalam artikel ini sendiri akan membahas para pemain keturunan Indonesia yang pernah bermain di Liga Spanyol. Tentunya sebagai salah satu kompetisi top Eropa, Liga Spanyol adalah sebuah ajang yang sangat kompetitif dan mengetahui ada pemain keturunan Indonesia yang bermain di sana tentu menjadi sebuah kabar yang menarik. Lantas siapa saja pemain tersebut?

Berikut 3 Pemain Keturunan Indonesia yang Pernah Gebrak Liga Spanyol:

3. Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckchorst

Van Bronckhorst adalah salah satu pemain legenda Timnas Belanda. Ia pun pernah membela tim-tim besar seperti Arsenal dan Barcelona.

Setelah pensiun dari pesepakbola pada 2010 bersama Feyenoord, saat ini Van Bronckhorst bekerja sebagai manajer di Rangers FC. Prestasinya di dunia kepelatihan terbilang baik, sebab sebelum latih Rangers FC, Van Bronckhorst berhasil mengantarkan Feyenoord sebagai juara Liga Belanda di musim 2016-2017.

Tapi, tahukah Anda bahwa di dalam diri Van Bronckhorst terdapat darah Indonesia. Tepatnya Van Bronckhorst memilih darah Maluku. Ia memiliki darah Maluku dari ibunya yang disebut-sebut bermarga Sapulete.

Sewaktu berkunjung ke Indonesia beberapa tahun yang lalu, Van Bronckhorst bahkan sempat berbicara dengan bahasa Indonesia walau memang hanya sedikit yang bisa ia kuasai.

2. Darren Sidoel

Darren Sidoel

Darren Sidoel, jika mendengar namanya maka teringat akan sosok tokoh Betawie, yakni Si Doel. Namun, ternyata Darren adalah seorang pemain keturunan Indonesia yang berasal dari Jawa.

Tepatnya Darren mewarisi darah Jawa dari ayah kandungnya. Darren pun sejatinya disebut-sebut masuk kandidat pemain yang dinaturalisasi, namun tampaknya ia lebih memilih mengincar posisi sebagai pemain Timnas Belanda.

Secara pengalaman, Darren terbilang luar biasa. Ia pernah bermain di Belgia, Inggris, Bulgari, Spanyol, Belanda, dan kini ia bermain di India bersama SC East Bengal. Saat di Spanyol, Darren bermain untukn Cordoba CF dan Hercules CF. Setidaknya Darren bermain di Liga Spanyol sedari 2020 sampai 2021.

1. Jordi Amat

Jordi Amat

Jordi Amat saat ini membela tim asal Belgia, KAS Eupen. Ia bisa dikatakan pemain keturunan yang dikenal cukup ramah kepada pendukung Timnas Indonesia.

Sebab Jordi Amat kerap kali merespons para pendukung Timnas Indonesia yang mampir ke instagram pribadinya. Saat ini sendiri, Jordi sedang dibantu PSSI untuk segera menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) agar bisa membantu Timnas Indonesia.

Jordi Amat pun mengalir darah Makassar di tubuhnya. Semua itu berasal dari neneknya yang asli Indonesia, tepatnya Sulawesi Selatan.

Secara pengalaman bermain, Jordi Amat pernah bermain di berbagai klub dan kompetisi top Eropa, termasuk Spanyol dan Inggris. Jordi Amat tepatnya pernah membela Swansea City, Rayo Vallecano, Real Betis, hingga Espanyol.

Jordi Amat sendiri lahir di Barcelona, Spanyol pada 21 Maret 1992. Jadi, tidak heran jika ia membangun karier sepakbolanya dari Spanyol, tepatnya bersama Espanyol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini