Share

5 Pemain Keturunan yang Bisa Dimainkan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, Nomor 1 Main di Belanda

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 51 2531873 5-pemain-keturunan-yang-bisa-dimainkan-timnas-indonesia-u-23-di-sea-games-2021-nomor-1-main-di-belanda-eexGt9wt8L.jpg Pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers. (Foto: Instagram/meeshilgerss)

SEA Games 2021 akan dihelat di Vietnam pada Mei 2022 mendatang. Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 pun diprediksi akan menurunkan skuad terbaiknya.

Bahkan pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong dikabarkan siap membawa pemain keturunan yang bermain di luar negeri, khususnya Eropa untuk bisa memperbesar peluang skuad Garuda Muda juara. Lantas kira-kira siapa saja pemain keturunan yang akan dipanggil Shin Tae-yong untuk dibawa ke SEA Games 2021?

Berikut 5 Pemain Keturunan yang Bisa Dimainkan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

5. Elkan Baggott

Elkan Baggott

Baggott tampil mengagumkan saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Meski tak memiliki menit bermain yang banyak, Baggott setidaknya berhasil memperlihatkan permainan yang menjanjikan.

Tentunya kehadiran Baggott akan sangat membantu lini pertahanan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Baggott sendiri menjadi salah satu pemain andalan Shin Tae-yong, jadi kemungkinan besa ria akan dibawa ke Vietnam.

4. Jelte Pal

Jelte Pal

Jelte Pal saat ini bermain di Eropa, tepatnya di Willem II U-21. Ia berposisi sebagai penyerang dan memiliki darah Indonesia-Belanda.

Sebelumnya dalam akun youtube Yussa Nugraha, Pal sempat mengatakan tertarik membela Timnas Indonesia. Tentunya hal itu sudah menjadi lampu hijau bagi PSSI untuk segera menaturalisasikan pemain berusia 19 tahun tersebut.

“Tentu senang jika suatu hari nanti menerima undangan dari federasi (PSSI). Tapi, tentu saya akan membicarakannya dengan agen saya dan keluarga," kata Jelte Pal saat berbicara di akun YouTube Yussa Nugraha.

3. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh

Shin Tae-yong pernah mengatakan bahwa Timnas Indonesia kekurangan penyerang yang andal. Karena itulah mungkin saja ia akan memanggil pemain keturunan dan nama yang mungkin saja dibawa adalah Ronaldo Kwateh.

Ronaldo Kwateh sempat menjadi perbincangan saat tampil apik bersama Timnas Indonsia U-18. Penggawa berusia 17 tahun itu memiliki segala kriteria untuk bisa menjadi striker andalan Timnas Indonesia.

Untuk yang belum tahu, Ronaldo Kwateh adalah pemain keturunan. Ayahnya bernama Roberto Kwateh adalah seorang mantan pesepakbola dari Liberia. Sedangkan Ibu Ronaldo Kwateh merupakan asli Yogyakarta.

Kemampuan bermain bola Ronaldo tentu mengalih dari ayahnya. Kehebatan Ronaldo Kwateh pun sudah terlihat saat ia menjalani pemusatan latihan di Turki pada Oktober 2021 yang lalu.

2. Jim Croque

Jim Croque

Croque adalah pemain keturunan Indonesia-Belanda. Saat ini ia main di Vitesse U-18. Penyerang berumur 17 tahun itu tampil cukup apik pada musim 2021-2022 dengan torehan lima gol dan tiga assist.

Jim Croque baru berumur 17 tahun sehingga kemampuannya masih bisa berkembang menjadi lebih baik. Menilik bakat Jim Croque, dia bisa menambah ketajaman Timnas Indonesia U-23. Pada November tahun lalu, Jim Croque sempat menyatakan ketertarikannya untuk membela Timnas Indonesia.

“Kita ada kompetisi sekarang dan Naygiro Sambo (rekan setimnya) bergabung bersama Curacao U-20 dan dia akan pergi selama tiga minggu lamanya. Jadi, saya pikir mereka (Indonesia) hanya harus mengundang saya. Setidaknya, mereka bisa mencobanya,” ucap Jim Croque kepada @footballtalentnesia.

1. Mees Hilgers

Mees Hilgers

Mees Hilgers saat ini masih dalam tahap proses naturalisasi. Namun, diprediksi PSSI akan merampungkan semuanya sebelum SEA Games 2021 bergulir Mei mendatang.

Tentu jika sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Shin Tae-yong tidak akan menyia-nyiakan hal tersebut. Hilgers yang saat ini membela FC Twente itu tentu akan menambah kekuatan, terutama di lini pertahanan skuad Garuda Muda.

Bayangkan jika lini pertahanan Timnas Indonesia U-23 akan dikawal oleh Hilgers dan Baggott, tentunya hal itu akan membuat pemain lawan langsung ketar-ketir.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini