Share

Shin Tae-yong Skakmat Pemain Timnas Indonesia yang Doyan Makan Gorengan

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 07 51 2528812 shin-tae-yong-skakmat-pemain-timnas-indonesia-yang-doyan-makan-gorengan-1w3yLsLcEN.jpg Shin Tae-yong tidak ingin para pemain Timnas Indonesia terlalu sering makan gorengan (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

SHIN Tae-yong dikenal sebagai sosok pelatih yang tegas untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Salah satu bentuk ketegasan juru taktik asal Korea Selatan itu dapat dilihat dari larangan memakan gorengan bagi para penggawa Skuad Garuda.

Sebagaimana diketahui, atlet mesti menjaga makanannya karena merupakan salah satu bentuk investasi pada tubuh sendiri. Sebab, makanan akan mempengaruhi kondisi tubuh dan performa atlet saat berlaga.

Shin Tae-yong (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong ingin para pemain Timnas Indonesia untuk menjaga makanan mereka. Hal itu pernah diungkapkan Shin Tae-yong kepada media Korea Selatan, KBS News, pada awal tahun 2021.

Shin Tae-yong menilai atlet Indonesia bisa menjaga makanan mereka jika lebih memahami soal nutrisi yang baik untuk dikonsumsi tubuh mereka. Shin Tae-yong hanya ingin para pemain Timnas Indonesia punya tubuh prima, baik saat latihan maupun tanding.

BACA JUGA: 4 Pemain Eropa yang Siap Bela Timnas Indonesia, Nomor 1 Langganan Lawan Cristiano Ronaldo dan Messi

β€œAtlet Indonesia belum merasakan kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan makanan apa yang harus dimakan. Hal ini penting sehingga mencegah mereka makan gorengan,” kata Shin Tae-yong, dilansir dari KBS News.

Meski begitu, ini tidak berarti Shin Tae-yong melarang total para pemain Timnas Indonesia untuk memakan gorengan. Dia hanya ingin para pemain Skuad Garuda tidak memakan gorengan setiap hari.

Hal tersebut diketahui dari pernyataan salah satu Asisten Pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, yaitu Yoo Jae-hoon, pada awal tahun lalu. Mantan kiper Persipura Jayapura itu meluruskan soal larangan makan gorengan bagi para pemain Timnas Indonesia saat melakukan live instagram bersama penerjemah Shin Tae-yong, Jeong Seok-seo.

"Coach Shin juga kasih izin ya. Kalau kadang-kadang makan gorengan, dia (Shin Tae-yong) juga kasih izin. Dia bilang hanya jangan setiap hari (mengonsumsi gorengan),” ujar Yoo Jae-hoon di instagram Jeong Seok-seo (@jeongseokseo).

Pratama Arhan dan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia jadi runner-up Piala AFF 2020 (Foto: Instagram/@pssi)

Hal serupa juga diungkapkan oleh bek kiri Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Pratama Arhan. Dia menyatakan, bahwa Shin Tae-yong hanya tidak mau penggawa Skuad Garuda menjadikan gorengan sebagai makanan pokok.

"Makan gorengan sekali-kali tak apa-apa. Kalau ingin saja, makan. (Bukan jadi makanan pokok) iya," kata Arhan saat diwawancara CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi di YouTube PSIS Semarang, medio November 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini