Share

3 Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Januari 2022, Nomor 1 Pernah Bantai Malaysia

Furqon Al Fauzi, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 51 2526809 3-calon-lawan-timnas-indonesia-di-fifa-matchday-januari-2022-nomor-1-pernah-bantai-malaysia-sEyRwAAtKt.jpg Berikut 3 calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Januari 2022. (Foto: Instagram/@PSSI)

SEBANYAK 3 calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Januari 2022 bakal dibahas di artikel ini. Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan sudah ada tiga calon lawan yang dijajaki untuk dihadapi Timnas Indonesia di FIFA Matchday bulan ini yang berlangsung pada 24 Januari hingga 1 Februari 2022.

Nantinya, dari tiga calon yang disebut di bawah ini, hanya dua di antaranya dipilih. Sebab, dalam periode FIFA Matchday bulan ini, hanya ada slot untuk menggelar dua pertandingan.

Timnas Indonesia

Diprediksi, satu tim lain bakal dihadapi Timnas Indonesia pada FIFA Matchday edisi Maret 2022. Timnas Indonesia sendiri membutuhkan lawan uji coba demi memperbaiki ranking FIFA.

Perbaikan ranking FIFA diperlukan supaya Timnas Indonesia dapat naik ke pot 3 dalam drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Jika naik ke pot 3, Timnas Indonesia otomatis bakal menghadapi penghuni pot 4 yang di atas kertas dapat mereka kalahkan.

Saat ini, Timnas Indonesia menempati peringkat 164 dunia dan menghuni pot 4. Skuad asuhan Shin Tae-yong terpaut empat anak tangga dari Singapura yang notabene tim dengan peringkat terendah di pot 3.

BACA JUGA: Begini Respons Shin Tae-yong Disambut Bagaikan Pahlawan Kelar Piala AFF 2020

"Iya, PSSI akan memanfaatkan FIFA Matchday yang tersedia tahun ini. Ada beberapa negara yang sudah dijajaki komunikasi. Seperti Tajikistan, Brunei Darussalam, dan Bangladesh mereka sudah menawarkan diri untuk uji coba kepada PSSI. Rencana FIFA Matchday bisa digelar di Bali,” kata Yunus Nusi kepada Sportstars.id.

Berikut 3 calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Januari 2022:

3. Brunei Darussalam

Jika Brunei Darussalam yang dipilih tentu sangat disayangkan. Sebab, peringkat FIFA Brunei (188) jauh di bawah Timnas Indonesia. Jika Timnas Indonesia menang atas Brunei sekalipun, poin yang didapat tak cukup untuk menggeser Singapura.

2. Bangladesh

Begitu juga dengan Bangladesh. Saat ini, Bangladesh hanya menempati peringkat 186 dunia. Bedanya, Bangladesh sama seperti Timnas Indonesia, yakni ditempatkan di pot 4 jelang drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

1. Tajikistan

Timnas Tajikistan

(Timnas Tajikistan (jersey merah) saat hadapi Malaysia)

Ketimbang dua negara lain, Tajikistan merupakan tim terkuat. Skuad asuhan Mubin Ergashev ini bahkan hampir lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Saat itu, Tajikistan finis sebagai runner-up Grup F di bawah Jepang.

Sayangnya, hanya lima runner-up terbaik yang lolos ke babak selanjutnya. Ironisnya, jumlah poin Tajikistan dengan Lebanon yang menempati posisi lima runner-up terbaik sebenarnya sama, yakni 10 angka. Hanya saja, Lebanon yang berhak melaju karena memiliki selisih gol lebih baik.

Saat ini, Tajikistan yang pernah membantai Malaysia 4-1 dalam uji coba pada 8 Agustus 2014, menduduki ranking 116 dunia. Andai Timnas Indonesia mengalahkan Tajikistan, peluang menggeser Singapura dari pot 3 terbuka lebar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini