Share

3 Kali Saksikan Laga Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong, Ini Respons Pelatih Thailand

Tino Satrio, MNC Portal · Senin 27 Desember 2021 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 51 2522975 3-kali-saksikan-laga-timnas-indonesia-asuhan-shin-tae-yong-ini-respons-pelatih-thailand-OFigP8vMET.jpg Witan Sulaeman, salah satu pemain Timnas Indonesia yang dapat ancam pertahanan Thailand. (Foto: PSSI)

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Thailand, Alexandre Polking, mengaku sudah tiga kali menyaksikan secara langsung laga-laga Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dari tiga laga itu, Alexandre Polking menyadari Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong sangatlah berbahaya.

Sekadar diketahui, Timnas Indonesia dan Thailand akan bertemu di final Piala AFF 2020. Laga final berlangsung dua pertemuan, yakni pada Rabu 29 Desember 2021 dan Sabtu, 1 Januari 2022.

Timnas Thailand

(Timnas Thailand lolos ke final Piala AFF 2020)

Alexandre Polking yang berdarah Jerman-Brasil itu secara terbuka mengaku memantau sederet pertandingan Evan Dimas dan kawan-kawan. Terutama laga pamungkas Grup B dan babak semifinal Piala AFF 2020.

Hal itu berarti Alexandre Polking memantau saat skuad asuhan Shin Tae-yong menang telak kontra Malaysia dengan skor 4-1. Kemudian, ketika Timnas Indonesia main 1-1 dan menang 4-2 atas Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

"Saya nonton tiga laga langsung Indonesia di stadion, lawan Malaysia dan dua semifinal, kami tahu mereka bisa berbahaya," kata Alexandre Polking dalam konferensi pers virtual, Minggu 26 Desember 2021.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Lawan Thailand di Final Piala AFF 2020, Egy Maulana Vikri Ajak Skuad Garuda untuk Introspeksi dan Fokus

Hasil pantauannya, Timnas Indonesia tak bisa dipandang remeh. Kecepatan dan permainan yang agresif berpotensi membuat Thailand kesulitan dalam pertandingan puncak nanti.

"Pemainnya sangat cepat dan sangat agresif dalam arti baik, bukan buruk. Secara keseluruhan saya menghormati mereka. Ini bakal jadi laga sulit," ucapnya.

Witan Sulaeman

(Witan Sulaeman, salah satu pemain andalan Timnas Indonesia)

Namun, bukan hanya Polking yang sudah melakukan analisis. Shin Tae-yong bersama asisten pelatih, Nova Arianto, memantau langsung kala Teerasil Dangda dan kawan-kawan bermain 0-0 kontra Vietnam di leg II semifinal Piala AFF 2020.

"Saya (menonton pertandingan) Thailand melawan Vietnam bersama Nova Arianto dan Choi In-cheol. Dan saya menganalisa pertandingan di lapangan," tulis Shin Tae-yong di Instagram pribadinya.

Ini merupakan yang keempat kalinya Thailand dan Timnas  Indonesia bertemu di partai puncak. Hasilnya dalam tiga final terdahulu (2000, 2004 dan 2016), Thailand selalu keluar menjadi juara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini