Share

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Kamboja: Shin Tae-yong Terapkan Strategi ala Ralf Rangnick

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 51 2514312 prediksi-susunan-pemain-timnas-indonesia-vs-kamboja-shin-tae-yong-terapkan-strategi-ala-ralf-rangnick-G9D96C6gbx.jpg Shin Tae-yong akan terapkan high pressing di laga Timnas Indonesia vs Kamboja. (Foto: PSSI)

PREDIKSI susunan pemain Timnas Indonesia vs Kamboja dalam laga pertama Grup B Piala AFF 2020 yang berlangsung pada Kamis, (9/12/2021) pukul 19.30 WIB akan dibahas dalam artikel ini. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan menerapkan strategi yang mirip-mirip dengan racikan juru taktik Manchester United, Ralf Rangnick.

Shin Tae-yong akan menerapkan strategi high pressing. Bagi yang belum tahu, strategi ini mendorong para pemain untuk merebut bola secepat mungkin dari kaki lawan, bahkan ketika si kulit bulat masih berada di pertahanan lawan.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong terapkan high pressing di laga Indonesia vs Kamboja)

Sementara strategi Ralf Rangnick adalah counter pressing. Strategi ini mendorong para pemain untuk merebut bola secepat mungkin dari kaki lawan. Ketika sudah menguasai bola, setidaknya dalam 10 detik ke depan peluang mesti dicetak.

"Kita akan bermain dengan high pressing. Memang banyak orang melihat Kamboja bermain baik ketika itu dengan penguasaan bola. Tetapi, saya melihat ada celah sehingga mereka kalah," kata Shin Tae-yong mengutip dari laman resmi PSSI, Kamis (9/12/2021).

Lantas, pola apa yang digunakan Shin Tae-yong dalam laga Timnas Indonesia vs Kamboja? Juru taktik asal Korea Selatan ini diprediksi mengandalkan formasi 4-1-4-1.

BACA JUGA: Piala AFF 2020: Fakta Ini Bikin Timnas Indonesia Racikan Shin Tae-yong Pantang Remehkan Kamboja, Statistiknya Mengejutkan!

Untuk posisi penjaga gawang, kiper Barito Putera, Muhammad Riyandi, berpotensi mentas sebagai starter. Kemudian, di empat bek sejajar ada Asnawi Mangkualam, Ryuji Utomo, Fachrudin Aryanto dan Pratama Arhan.

Bagaimana dengan Elkan Baggott? Berhubung baru mendarat pada Selasa 7 Desember 2021, Elkan Baggott takkan dimainkan sebagai starter dalam laga ini.

Elkan Baggott

(Elkan Baggott jadi cadangan di laga Indonesia vs Kamboja)

โ€œElkan tak bisa masuk starting (pemain inti). Ia baru tiba jadi saya akan memberinya istirahat lebih atau menjadi cadangan,โ€ kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga Timnas Indonesia vs Kamboja.

Bagaimana untuk posisi gelandang bertahan? Rachmat Irianto bak tanpa pesaing. Anak legenda sepakbola Indonesia, Bejo Sugiantoro, itu akan diandalkan di posisi tersebut.

Selanjutnya di posisi empat gelandang sejajar, Witan Sulaeman beroperasi sebagai winger kanan dan Irfan Jaya di sisi sebelahnya. Kemudian, Ricky Kambuaya dan Evan Dimas bakal bekerja sama di lini sentral.

Terakhir di posisi ujung tombak ada Ezra Walian. Penyerang milik Persib Bandung ini dalam kepercayaan diri tinggi. Sebab, dalam dua laga pamungkas Timnas Indonesia sebelum turun di Piala AFF 2020 yakni kontra Myanmar dan Antalyaspor, Ezra Walian selalu mencetak gol.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF 2020:

(4-1-4-1): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Ryuji Utomo, Fachrudin Aryanto, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Ricky Kambuaya, Evan Dimas, Witan Sulaeman, Irfan Jaya; Ezra Walian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini