Kacau! Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Diremehkan Pemain Malaysia yang Pernah Merumput di Tanah Air, Ini Pernyataannya!

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 51 2513985 kacau-timnas-indonesia-di-piala-aff-2020-diremehkan-pemain-malaysia-yang-pernah-merumput-di-tanah-air-ini-pernyataannya-R1LZi5OMHb.jpg Ramai Rumakiek, salah satu pemain muda yang dibawa Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong ke Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

MANTAN penyerang Tim Nasional (Timnas) Malaysia, Safee Sali, menilai Timnas Indonesia takkan lolos dari Grup B Piala AFF 2020. Ia melihat keberanian pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengandalkan pemain muda dapat berujung fatal bagi skuad Garuda.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos dan Kamboja. Vietnam dan Malaysia dikenal sudah solid dan merupakan finalis Piala AFF 2018.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong andalkan pemain muda di Piala AFF 2020)

Sementara Timnas Indonesia, masih mencari komposisi permainan terbaik. Di saat bersamaan, Timnas Indonesia mayoritas mengandalkan pemain muda. Menurut laman transfermarkt, rataan skuad Timnas Indonesia hanya 24,3 tahun.

“Ini adalah grup yang sulit. Ketika Vietnam dan Malaysia berbagi grup yang sama dengan Indonesia, Laos dan Kamboja. Untuk memperebutkan posisi 2 besar tidak hanya membutuhkan keahlian, tetapi juga semangat juang,” kata Safee Salii mengutip dari media Vietnam, Zing, (8/12/2021).

“Saya berharap Vietnam dan Malaysia akan terus berlanjut (lolos ke semifinal Piala AFF 2020). Indonesia membawa tim muda dan potensial ke turnamen ini, tetapi dibandingkan dengan para pesaingnya, para pemain muda itu masih kurang pengalaman,” lanjut pemain yang pernah merumput di Indonesia bersama Pelita Jaya ini.

BACA JUGA: Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Konfirmasi Elkan Baggott Jadi Cadangan di Laga Timnas Indonesia vs Kamboja

“Pelatih Indonesia (Shin Tae-yong) tidak peduli seberapa ambisius dia, dia harus menerima kenyataan bahwa Piala AFF 2020 bukanlah waktu terbaik untuk mengharapkan sesuatu yang besar dari kelompok pemain ini,” tegas Safee Sali.

Safee Sali pun sesumbar. Ia menilai, Malaysia hanya wajib fokus kontra Vietnam di laga ketiga, sedangkan di tiga lain termasuk lawan Timnas Indonesia, Malaysia seharusnya bisa meraup tiga poin dengan mudah.

Timnas Malaysia

(Timnas Malaysia diprediksi lolos ke semifinal Piala AFF 2020)

“Tak perlu berpikir jauh, yang penting Malaysia harus lolos penyisihan grup untuk masuk semifinal. Di grup ini, laga melawan Vietnam (di matchday ketiga) menjadi laga penting dan menentukan bagi Malaysia. Jika kami bisa mendapatkan hasil positif, kami akan percaya diri memainkan pertandingan terakhir melawan Indonesia,” lanjutnya.

Malaysia telah memenangkan laga melawan Kamboja dengan skor 3-1. Terdekat, mereka akan menghadapi Laos pada Kamis 9 Desember 2021 mendatang. Lalu dilanjut melawan Vietnam (12 Desember) dan Indonesia (19 Desember).

Malaysia sejauh ini telah memenangkan satu trofi Piala AFF. Trofi didapat setelah menang agregat 4-2 atas Indonesia di partai puncak Piala AFF 2010.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini